Latest News

Mengaplikasikan (Menulis) Model Pembelajaran Proyek Pelajaran Bahasa Indonesia

LK-4.9 Model Pembelajaran Proyek

Nama             : MUHAMMAD NASIRUDDIN TIMBUL JOYO
SEKOLAH       : Sekolah Menengah Pertama PGRI JENGGAWAH
NUPTK           : -

Aplikasi Model Pembelajaran Proyek  dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar:
12.3 Menulis slogan/poster untuk berbagai  keperluan dengan pilihan kata dan kalimat yg bervariasi, serta persuasif

Indikator:
1. Siswa bisa mengetahui ciri-ciri kalimat slogan dan poster
2. Siswa bisa membedakan kalimat slogan dan kalimat poster
3. Siswa bisa menciptakan poster

Adapun langkah-langkah pembelajaran dalam menulis slogan/poster dalam model pembelajaran proyek.
Fase 1 Orientasi akseptor didik kepada masalah.
1. Siswa diberi klarifikasi mengenai aCaranya pembelajaran yg bakal dilalui.


2. Siswa diberi rangsangan pertanyaan wacana poster dan slogan yg pernah dilihat di jalanan di sekitar rumah dan di sekitar lingkungan sekolah.

3. Siswa diberikan dua teladan kalimat yg tidak sama, yakni kalimat poster dan kalimat slogan.

Fase 2 Mengorganisasikan akseptor didik.

4. Siswa dipandu oleh guru mengidentifikasi perbedaan kalimat sloga dan kalimat poster.

5. Siswa kemudian diberikan masalah yg ada di dalam lingkungan sekolah.

6. Siswa dibuat dalam kelompok kecil (satu kelompok terdiri dari maksimal 4 siswa).
Fase 3 Membimbing penyelidikan individu dan kelompok.

7. Guru membimbing masing-masing kelompok memilih tema yg bakal diangkat ke dalam poster

8. Masing-masing kelompok memilih dan menyusun kalimat poster yg sesuai dengan tema melalui aCaranya diskusi kelompok.

9. Masing-masing kelompok menciptakan poster dengan ketentuan:
a) terdapat kalimat poster
b) disertai ilustrasi gambar (bisa menggambar pribadi atau hasil mengolah gambar lain)
c) poster dibuat ukuran A3

Fase 4 Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

10. setelah masing-masing kelompok menuntaskan posternya sesuai dengan waktu yg telah ditentukan, hasil karya siswa ditempelkan disajikan di depan kelas.

Fase 5 Menganalisis  dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

11. Masing-masing kelompok diberi kesempatan untuk mengomentari karya kelompok lain. Masing-masing kelompok Musti memilih karya terburuk dari kelompok lain (boleh juga dari kelompok sendiri). Karya yg terpilih sebagai poster terburuk nantinya bakal dibedah dan dievaluasi bersama di bawah bimbingan guru.

12. Guru memimpin penilaian terhadap masalah yg terdapat dalam penulisan dan penyajian poster.


0 Response to "Mengaplikasikan (Menulis) Model Pembelajaran Proyek Pelajaran Bahasa Indonesia"

Total Pageviews