Latest News

3 Model Pembelajaran | Pengertian Dan Langkah-Langkahnya

Berikut ini yakni klarifikasi mengenai model-model pembelajaran.

Model pembelajaran yg bakal dibahas dalam goresan pena ini yakni Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam bahasa Inggris disebut dengan Project Based Learning. Model pembelajaran yg kedua yakni Model Pembelajaran Penemuan dalam bahasa Inggris Discovery Learning. Model  pembelajaran ketiga yg dibahas yakni Model Pembelajaran Berbasis Masalah. 

Berikut ini yakni pengertian-pengertian model pembelajaran di atas:

Pengertian Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning)
Model pembelajaran yg melibatkan siswa dalam suatu aktivitas (proyek) yg menghasilkan sebuah produk. Keterlibatan siswa mulai dari merencanakan, menciptakan rancangan, melaksanakan, dan melaporkan hasil aktivitas berupa produk dan laporan pelaksanaanya.


Pengertian Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning)
Adalah teori berguru yg didefinisikan sebagai proses pembelajaran yg terjadi bila pelajar tidak disajikan dengan pelajaran dalam bentuk finalnya, tetapi diharapkan mengorganisasi sendiri.Siswa Musti menemukan informasi gres yg disediakan oleh guru. 

Pengertian Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning /PBL)
Adalah proses pembelajaran dalam kurikulumnya, dirancang masalah-masalah yg menuntut akseptor didik menerima pengetahuan penting, yg menciptakan mereka jago dalam memecahkan masalah, dan mempunyai model berguru sendiri serta mempunyai kecakapan berpMaknasipasi dalam tim. Proses pembelajarannya menggunakan pendekatan yg sistemik untuk memecahkan duduk kasus atau menghadapi tantangan yg nanti diharapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Selanjutnya, dijelaskan langkah-langkah pembelajaran menurut model pembelajaran.

Langkah-langkah Model Pembelajaran Penemuan

a. Menentukan tujuan pembelajaran.
b. Melakukan identifikasi karakteristik siswa
c. Memilih materi pelajaran.
d. Menentukan topik-topik yg Musti dipelajari siswa seCaranya
e. Mengembangkan bahan-bahan berguru yg berupa contoh-contoh, ilustrasi,
    kiprah dan sebagainya untuk dipelajari siswa.
f. Mengatur topik-topik pelajaran dari yg sederhana ke kompleks, dari yg
    nyata ke abstrak, atau dari tahap enaktif, ikonik hingga ke simbolik.

Langkah-langkah Model Pembelajaran Berbasis Masalah
Langkah-langkah model pembelajaran berbasis duduk kasus yakni sebagai berikut:

Inti dari  dari proses pembelajaran berbasis duduk kasus yakni melaksanakan penilaian proses dan hasil berguru siswa. Adapun langkah-langkahnya mencakup sebagai berikut:
a. Stimulation (pemberian rangasangan terhadap siswa mengenai duduk kasus yg bakal diselesaikan).
b. Problem statement (Identifikasi masalah/rumusan masalah).
c. Data collection (Pengumpulan data, aktivitas mengumpulkan informasi sesuai dengan duduk kasus yg sedang dibahas).
d. Data Processing (Pengolahan data, aktivitas mengolah data dan informasi yg sudah diterima)
e. Verification (Verifikasi, yaitu pembuktian duduk kasus dan hipotesa yg disusun sesuai dengan data yg telah diolah).
f. Generalization (Menyimpulkan, aktivitas menarik kesimpulan sesuai dengan duduk kasus dan data yg diperoleh).

Langkah-langkah Model Pembelajaran Proyek

Fase 1 Orientasi akseptor didik kepada masalah.
Fase 2 Mengorganisasikan akseptor didik.
Fase 3 Membimbing penyelidikan individu dan kelompok.
Fase 4 Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Fase 5 Menganalisis  dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

0 Response to "3 Model Pembelajaran | Pengertian Dan Langkah-Langkahnya"

Total Pageviews