RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuanpendidikan : SD Terban
Kelas / semester : II / 2
Tema / topik : 8. Keselamatan di rumah dan perjalanan
Subtema 3 : Aturan Keselamatan di Perjalanan
Pembelajaran : 2
Semester : 2 (dua)
Alokasiwaktu : 1 Hari (6 x 35 menit)
Hari/Tanggal : -
A. Kompetensi Inti
1. Menerima, menjalankan dan menghargai fatwa agama yang dianutnya.
2. Memiliki sikap jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu wacana dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan sikap anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi Dasar
Matematika
1.1 Menerima dan menjalankan fatwa agama yang dianutnya.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan pada matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
3.6 Mengetahui satuan panjang dan berat benda, jarak suatu tempat (baik tidak baku maupun yang baku) dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
4.5 Memecahkan duduk kasus nyata secara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda, dan uang selanjutnya menyidik kebenaran jawabannya.
Bahasa Indonesia
1.2 Menerima keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaahewan dan tumbuhan.
2.3 Memiliki rasa percaya diri dan tanggung jawab terhadap keberadaan anggota keluarga dan
dokumen milik keluarga melalui pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.5 Mengenal teks ajakan maaf wacana sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga dan sahabat dalam bahasa Indonesia mulut dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasadaerah untuk membantu pemahaman.
4.5 Menggunakan teks ajakan maaf wacana sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga
dan sahabat secara berdikari bahasa Indonesia mulut dan tulis yang sanggup diisi dengan kosakata bahasa tempat untuk membantu penyajian.
PPKn
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukkan sikap toleran terhadap keberagaman karakteristik individu, dalam kehidupan beragama, suku, fisik, dan psikis di rumah dan sekolah.
3.2 Memahami tata tertib dan hukum yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah.
4.2 Melaksanakan tata tertib dan hukum di lingkungan keluarga dan sekolah.
C. Indikator
Matematika
3.6.10 Menentukan jarak dua tempat dengan memakai satuan tidak baku.
4.5.6 Memecahkan duduk kasus yang berkaitan dengan panjang/jarak.
Bahasa Indonesia
3.5.9 Menemukan isi teks ajakan maaf wacana sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman.
4.5.5 Menulis teks ajakan maaf sederhana wacana sikap hidup rukun dalam kemajemukan teman.
PJOK
3.3.1 Menjelaskan cara bermain dengan memakai alat dalam permainan sederhana.
4.3.1 Mempraktikkan cara bermain dengan memakai alat dalam permainan sederhana.
PPKn
3.2.2 Menyebutkan hukum yang berlaku di lingkungan sekolah.
4.2.4 Membiasakan diri melaksanakan hukum di lingkungan sekolah.
D. Tujuan
Ø Melalui permainan lari estafet, siswa sanggup menjelaskan dan mempraktikkan cara bermain memakai alat sederhana (tongkat estafet) dengan lancar.
Ø Melalui permainan lari estafet, siswa sanggup menyebutkan peraturan-peraturan dalam permainan yang harus dilaksanakan dengan benar.
Ø Melalui permainan lari estafet siswa sanggup memilih jarak yang sudah ditempuh (anatara dua tempat) memakai satuan tidak baku dengan baik.
Ø Melalui permainan lari estafet, siswa sanggup mengetahui sikap kolaborasi dan hidup rukun dengan sahabat kemudian mengembangkannya melalui menulis teks dongeng dengan baik.
E. Materi
1. Matematika
a. Sebelum acara berguru mengajar siswa telah mempelajari:
- Menyebutkan satuan jarak dengan satuan tidak baku (hasta, langkah, dan depa).
b. Pada acara berguru mengajar yang direncanakan siswa bakal mempelajari:
- Menentukan jarak dua tempat dengan memakai satuan tidak baku.
c. Pada acara beajar mengajar berikutnya siswa diperlukan sanggup mempelajari
- Menyelesaikan duduk kasus yang berkaitan dengan jarak dua tempat dengan memakai satuan tidak baku
2. PPKn
Menjelaskan peraturan yang harus ditaati dikala melaksanakan permainan lari estafet.
3. PJOK
Menjelaskan dan mempraktikkan permainan lari estafet.
4. Bahasa Indonesia
Menulis teks dongeng wacana sikap-sikap yang baik dalam melaksanakan permainan bersama teman.
F. AspekKarakter Yang Dikembangkan
1. Kerjasama
2. Hidup rukun
3. Sportif
G. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Tematik-Integratif (Scientific Approach & Authentic Assessment) dan Konstruktivism
Model : Collaborative Learning dan CTL
Metode/Strategi : Discovery, Diskusi, Ceramah, Tanya Jawab, Permainan
H. BENTUK RUANG KELAS
No | Posisi | Gambar | |||
1 | Posisi Kelas bentuk U | | |||
2 | Berkelompok di dalam kelas | | |||
3 | Permainan lari estafet | Menyesuaikan |
I. KEGIATAN PEMBELAJARAN
DeskripsiKegiatan | Posisi Tempat duduk | Alokasi Waktu |
| | |
Kegiatan Awal 1. Guru mengucapkan salam dan salah satu siswa memimpin berdoa 2. Melakukan komunikasi wacana kondisi dan kehadiran siswa 3. Menginformasikan Tema yang bakal dibelajarkanya itu wacana “Keselamatan di rumah dan perjalanan” dengan SubTema” Aturan Keselamatan di Perjalanan” 4. Guru memberikan wacana bahan yang bakal disampaikan sekaligus proses pembelajaran, dimulai bermain lari estafet, memilih jarak antara dua tempat memakai satuan tidak baku, mendiskusikan wacana pertauran dalam permainan yang harus ditaati serta peraturan sekolah yang harus ditaati, menuliskan teks dongeng wacana sikap-sikap yang baik yang sanggup dikembangkan dalam permainan lari estafet”. 5. Mengajak Semua Siswa “Tepuk Hebat” 6. Siswa memperhatikan video dan klarifikasi dari guru wacana permainan lari estafet. | Posisi kelas bentuk U | 15 menit |
Kegiatan Inti: | | |
1. Siswa membentuk kelompok yang terdiri 4 orang, 2 putra dan 2 putri. | Di luar kelas | 5 menit |
Mencoba 2. Siswa melaksanakan pemanasan kemudian melaksanakan permainan lari estafet dengan sistem perlombaan | Di luar kelas | 30 menit |
2. Menanya dan menalar Siswa memperkirakan jarak yang sudah ditempuh selama berlari dari titik satu ke titik ke dua pada permainan lari estafet. | Di luar kelas | 5 menit |
3. Mencoba Siswa mencoba mengukur jarak antara titik satu dengan titik ke dua pada lapangan estafet memakai banyak sekali satuan tidak baku (hasta, langkah, depa). Peraturannya: Setiap siswa dari setiap kelompok mengukur masing-masing jarak yang sudah ditempuh, kemudian menjumlahkan dengan siswa yang lain dalam satu kelompok sehingga nanti bakal didapatkan hasil keselurah jarak dalam lintasan estafet yang sudah ditempuh. | Di luar kelas | 30 menit |
4. Mengkomunikasikan Setiap kelompok saling membandingkan hasil temuan dengan kelompok lain. | Di luar kelas | 10 menit |
5. Menalar dan menanya Siswa mencoba memilih cara mana yang lebih efektif untuk mengukur jarak pada lintasan estafet yang paling efektif antara hasta, depa atau langkah. Siswa mencoba menjelaskan mengapa hasil temuan pengukuran jarak bakal berbeda-beda. | Di luar kelas | 10 menit |
6. Menalar Siswa mendiskusikan secara berkelompok peraturan yang harus ditaati dalam permainan lari estafet, kemudian peraturan yang harus ditaati di sekolah secara berkelompok dengan kelompok yang sama ibarat di awal kegiatan. | Posisi tempat duduk diskusi | 20 menit |
7. Mengkomunikasikan Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompoknya | Posisi kelas bentuk U | 15 menit |
8. Mengkomunikasikan Siswa dengan bimbingan guru menarik kesimpulan hasil presentasi. | Posisi kelas bentuk U | 10 menit |
9. Mencoba Siswa menuliskan teks dongeng berdasarkan pengalaman bermain lari estafet yang telah dilakukan serta sikap-sikap baik apa yang sanggup dipetik dan dikembangkan dalam permainan lari estafet secara individu. | Posisi kelas bentuk U | 25 menit |
Menkomunikasikan 10. Siswa membacakan hasil goresan pena masing-masing dengan bunyi nyaring. | Posisi kelas bentuk U | 20 menit |
Kegiatan Akhir | | |
1. Siswa gotong royong menciptakan kesimpulan / rangkuman hasil berguru selama sehari 2. Bertanya jawab wacana bahan yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi) 3. Melakukan refleksi hasil penilaian 4. Guru menawarkan tanda bintang sebagai reward atas keberhasilan siswa dalam menuntaskan tugas 5. Mengajak semua siswa berdo’a berdasarkan agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan) | Posisi kelas bentuk U | 15 menit |
· Mengamati sikap siswa dalam berdo’a (sikap duduknya, cara membacanya, cara melafalkannya dsb) · Apabila ada siswa yang kurang benar dan kurang tepat dalam berdo’a, maka sehabis selesai acara berdo’a, eksklusif diberi nasehat supaya besok kalau berdoa lebih disempurnakan | | |
J. Alat, Bahan dan Sumber
1. Alat
· Tongkat estafet
2. Bahan
3. Sumber
· Lingkungan sekitar sekolah adalah lintasan untuk lari estafet
· Buku tematik kelas 2 tema 8:
· Taufina dkk. (2014) Buku Guru Tematik kelas II Tema 8 Keselamatan di Rumah dan Perjalanan. Jakarta: Kemendikbud
· Taufina dkk. (2014) Buku Siswa Tematik kelas II Tema 8 Keselamatan di Rumah dan Perjalanan. Jakarta: Kemendikbud
· Deboys, M and Pitt, E., 1979. Lines of Development in Primary Mathematics. Belfast: The Open University.
K. Penilaian
- ProsedurPenilaian
a. Penilaian Proses
Menggunakan format pengamatandilakukandalamkegiatanpembelajaransejakdarikegiatanawalsampaidengankegiatanakhir
b. PenilaianHasilBelajar
Menggunakaninstrumenpenilaianhasilbelajardengantestulisdanlisan (terlampir)
- InstrumenPenilaian
a. Penilaian Proses
1) Penilaian Kinerja (Penilaian non-tes/pengamatan)
2) Penilaian Produk
b. PenilaianHasilBelajar
· Esai/uraianatau extended response
· Penilainunjukkerja
· Penilaianberbasisportofolio
· Penilaianberbasis project
Yogyakarta, Mei 2015
Mengetahui Guru Kelas IV
KepalaSekolah,
LEMBAR KERJA SISWA
(KELOMPOK)
MENENTUKAN JARAK ANTARA DUA TEMPAT MENGGUNAKAN SATUAN TIDAK BAKU
1. Ukurlah setiap lintasan estafet yang telah dilewati masing-masing satu anak.
2. Kemudian jumlahkan hasil pengukuran setiap lintasan sehingga didapatkan hasil pengukuran seluruh lintasan estafet.
3. Tuliskan hasil pengukuran dalam tabel dibawah ini.
NO | CARA PENGUKURAN | HASIL PENGUKURAN LINTASAN 1 | HASIL PENGUKURAN LINTASAN 2 | HASIL PENGUKURAN LINTASAN 3 | HASIL PENGUKURAN LINTASAN 4 | JUMLAH PENGUKURAN JARAK SELURUH LINTASAN |
1 | HASTA | | | | | |
2 | DEPA | | | | | |
3 | LANGKAH | | | | | |
4. Kemudian bandingkan hasil pengukuran yang sudah didapatkan setiap kelompok dengan kelompok lain.
5. Setelah acara membandingkan hasil pengukuran dengan kelompok lain, jawablah pertanyaan di bawah ini!
· Apakah ada hasil pengukuran yang sama?
· Apakah ada hasil pengukuran yang berbeda?
· Mengapa ada perbedaan hasil pengukuran yang didapatkan, padahal setiap anak mengukur lintasan yang sama?
· Cara mana yang paling efektif untuk mengukur jarak lintasan lari estafet? Mengapa?
LEMBAR KERJA SISWA
(KELOMPOK)
DISKUSI KELOMPOK TENTANG PERATURAN PERMAINAN LARI ESTAFET YANG HARUS DITAATI SERTA PERATURAN SEKOLAH YANG HARUS DITAATI
Diskusikan dengan kelompok masing-masing wacana pertauran yang harus ditaati dalam permainan lari estafet serta pertauran sekolah yang harus di taati di sekolahmu!
1. PERATURAN PERMAINAN LARI ESTAFET
2. PERATURAN SEKOLAH
LEMBAR KERJA SISWA
(INDIVIDU)
Tuliskan sebuah dongeng berdasarkan pengalamanmu melaksanakan permainan lari estafet tadi pagi kemudian ceritakan juga sikap-sikap yang baik yang sanggup dipetik dan dikembangkan dalam permainan ta
0 Response to "Rpp Kelas 2 Learning Trajectory"