LEARNING TRAJECTORY MATEMATIKA
KELAS | TEMA | KD | Konten menurut referensi LINES… |
1 | 1. Diriku 2. Kegemaranku 3. Kegiatanku 4. Keluargaku 5.Pengalamanku 6.Lingkungan bersih, sehat, dan asri 7.Benda, binatang dan tumbuhan di Sekitar 8.Peristiwa alam | 3.1 Mengenal lambang bilangan dan mendeskripsikan kemunculan bilangan dengan bahasa yang sederhana 3.2 Mengenal bilangan orisinil hingga 99 dengan memakai benda benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau kawasan bermain 3.3 Mengenal dan memprediksi pola-pola bilangan sederhana memakai gambar-gambar/benda konkrit 3.4 Menunjukkan pemahaman wacana besaran dengan menghitung maju hingga 100 dan mundur dari 20 3.5 Mengenal berdiri datar dan berdiri ruang memakai benda-benda yang ada di sekitar rumah, sekolah, atau kawasan bermain. 3.6 Menemukan berdiri yang membentuk referensi pengubinan sederhana 3.7 Menentukan referensi dari barisan berdiri datar sederhana memakai benda-benda yang ada di lingkungan sekitar 3.8 Mengenal panjang, luas, waktu, dan suhu 3.9 Membandingkan dengan memperkirakan usang suatu kegiatan berlangsung menggunakan istilah sehari-hari (lebih lama, lebih singkat) 3.10 Membandingkan dengan memperkirakan berat suatu benda memakai istilah sehari-hari (lebih berat, lebih ringan) 3.11 Membandingkan dengan memperkirakan panjang suatu benda memakai istilah sehari-hari (lebih panjang, lebih pendek) 3.12 Menentukan urutan menurut panjang pendeknya benda, tinggi rendahnya tinggi badan, dan urutan kelompok menurut jumlah anggotanya | Bilangan Bilangan Bilangan Bilangan Bentuk 2D Bentuk 2D Bentuk 2D Panjang, Luas, Waktu Waktu Berat Panjang Panjang |
| 4.1 Mengurai sebuah bilangan orisinil hingga dengan 99 sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan orisinil lainnya dengan aneka macam kemungkinan tanggapan 4.2 Menggunakan benda konkrit untuk menelusuri pecahan dan jumlah uang 4.3 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri dan memecahkan dilema yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan terkait dengan kegiatan sehari-hari serta mengusut kebenarannya 4.4 Mendeskripsikan, mengembangkan, dan menciptakan referensi yang berulang 4.5 Membentuk aneka macam berdiri datar dengan memakai papan berpaku atau media lainnya 4.6 Melakukan pengubinan dari berdiri datar sederhana tertentu 4.7 Membentuk dan menggambar berdiri gres dari bangun-bangun datar atau referensi berdiri datar yang sudah ada 4.8 Mengelompokkan teman sekelas menurut tinggi badannya 4.9 Mengumpulkan dan mengelola data pokok kategorikal dan menyajikannya dalam grafik konkrit dan piktograf tanpa memakai urutan label pada sumbu horizontal 4.10 Membaca dan mendeskripsikan data pokok yang ditampilkan pada grafik konkrit dan piktograf | Bilangan Bilangan Uang Bilangan Bentuk 2D Bentuk 2D Bentuk 2D Bentuk 2D Himpunan Himpunan Himpunan | |
2 | 1. Hidup rukun 2. Bermain di lingkunganku 3. Tugasku sehari-hari 4. Aku dan sekolahku 5. Hidup higienis dan sehat 6. Air, bumi dan matahari 7. Merawat binatang dan tumbuhan 8. Keselamatan di rumah dan perjalanan | 3.1 Mengenal bilangan orisinil hingga 500 dengan memakai blok Dienes (kubus satuan) 3.2 Mengenal operasi perkalian dan pembagian pada bilangan orisinil yang karenanya kurang dari 100 melalui kegiatan eksplorasi memakai benda konkrit 3.3 Mengenal kesamaan dua ekspresi, memakai benda konkrit, simbol, ataupenjumlahan/pengurangan bilangan hingga satu angka 3.4 Mengenal nilai tukar antar pecahan uang 3.5 Mengenal satuan waktu dan menggunakannya pada kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar 3.6 Mengetahui satuan panjang dan berat benda, jarak suatu kawasan (baik tidak baku maupun yang baku) dan menggunakannya dalam kehidupansehari-hari di lingkungan sekitar 3.7 Mengenal ruas garis dan garis lurus 3.8 Mengidentifikasi unsur-unsur yang membentuk segi tiga, segi empat dan segi enam beraturan 3.9 Mengenal berdiri datar dan berdiri ruang, serta mengelompokkan menurut sifat geometrisnya 3.10 Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana | Bilangan Bilangan Bilangan Uang Waktu Berat Panjang Bentuk 2D Bentuk 2D Bentuk 2D Panjang Berat |
| 4.1 Memprediksi pola-pola bilangan sederhana memakai bilangan-bilangan yang kurang dari 100 4.2 Menaksir hasil perhitungan dengan taktik pembulatan satuan, pembulatan puluhan, dan pembulatan ratusan 4.3 Mengurai sebuah bilangan orisinil hingga dengan 500 sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian atau pembagian dua buah bilangan orisinil lainnya dengan aneka macam kemungkinan tanggapan 4.4 Mendemostrasikan aneka macam penukaran uang di depan kelas dengan aneka macam kemungkinan tanggapan 4.5 Memecahkan dilema nyatasecara efektif yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, waktu, panjang, berat benda dan uang,selanjutnya mengusut kebenaran jawabnya 4.6 Mengurai unsur-unsur berdiri ruang sederhana dari benda-benda di sekitar 4.7 Menceritakan lokasi objek yang berkaitan dan representasi objek pada sebuah peta 4.8 Merepresentasikan, mengembangkan, dan menciptakan referensi yang berulang, serta menemukan referensi dasar 4.9 Mengumpulkan dan mengelompokkan data kategorikal atau diskrit dan menampilkan data memakai grafik konkrit dan piktograf 4.10 Membaca dan mendeskripsikan data yang disajikan dengan grafik konkrit dan piktograf 4.11 Membuat tabel sederhana hasil pengukuran panjang atau berat | Bilangan Bilangan Bilangan Uang Bilangan Bentuk 3D Gambar Gambar Gambar Gambar Berat Panjang | |
3 | 1. Sayangi binatang dan tumbuhan di sekitar 2. Pengalaman yang mengesankan 3. Mnegenal cuaca dan musim 4. Ringan sama dijinjing, berat sama dipikul 5. Mari kita bermain dan berolahraga 6. Indahnya persahabatan 7. Mari kita ekonomis energy untuk masa depan 8. Berperilaku kolam dalam kehidupan sehari-hari 9. Menjaga kelestaran lingkungan | 3.1 Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan orisinil melalui pengamatan referensi penjumlahan dan perkalian 3.2 Memahami letak bilangan pada garis bilangan 3.3 Memahami konsep pecahan sederhana memakai benda-benda yang konkrit/gambar, serta menentukan nilai terkecil dan terbesar 3.4 Mengenal pecahan dan bilangan desimal, serta sanggup melaksanakan penambahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama 3.5 Menyederhanakan kesamaan dua verbal dengan memakai penambahan/pengurangan bilangan hingga dua angka 3.6 Menentukan taktik pemecahan dilema dengan mengurangi, menambah, dan menukarkan sejumlah uang 3.7 Menemukan sifat simetri berdiri datar (melalui kegiatan menggunting dan melipat atau cara lainnya), simetri putar dan pencerminan memakai benda- benda konkrit 3.8 Menemukan unsur dan sifat berdiri datar sederhana menurut pengamatan 3.9 Mengenal korelasi antar satuan waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat yang biasa dipakai dalam kehidupan sehari-hari 3.10 Memahami keliling segitiga dan persegi panjang memakai benda konkrit (benang, tali, batang korek api, lidi dan membuatkan benda yang sanggup dipakai sebagai satu satuan luas) 3.11 Mengenal dan membandingkan besar sudut berdiri datar tanpa satuan baku 3.12 Mendeksripsikan korelasi antara dua berdiri datar dan antara berdiri ruang dan berdiri datar 3.13 Memahami penghitungan waktu menurut data sehari-hari 3.14 Menentukan perbandingan data memakai tabel, grafik batang, dan grafik lingkaran | Bilangan Bilangan Bilangan Bilangan Bilangan Bilangan Uang Bentuk 2D Bentuk 2D Waktu Berat Panjang Bentuk 2D Bentuk 2D Bentuk 2D Waktu Gambar |
| 4.1 Mengurai sebuah bilangan lingkaran sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah bilangan lingkaran lainnya dengan aneka macam kemungkinan tanggapan 4.2 Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan menentukan taktik yang efektif dalam memecahkan dilema faktual sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian,pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta mengusut kebenaran jawabnya 4.3 Menunjukkan hasil rotasi dan pencerminan suatu berdiri datar dengan memakai gambar 4.4 Menggambar aneka macam berdiri datar dengan keliling atau luas yang sama 4.5 Menaksir panjang, luas, dan berat suatu benda dan menentukan satuan baku yang sesuai 4.6 Membentuk dan menggambar aneka macam berdiri datar yang diperoleh melalui kegiatan melipat dan menggunting atau cara lainnya 4.7 Memperkirakan dan mengukur panjang, keliling, luas, kapasitas, massa, waktu, dan suhu memakai satuan baku dan tidak baku 4.8 Mendeskripsikan, mengembangkan, dan menciptakan referensi dari aneka macam referensi numerik dan referensi geometris 4.9 Membuat dan mengambar aneka macam berdiri datar dengan kelililing atau luas yang telah ditentukan 4.10 Menghasilkan aneka macam berdiri datar yang diperoleh melalui kegiatan melipat dan menggunting atau cara lainnya 4.11 Mengumpulkan, mencatat, menata, dan menyajikan data memakai tabel dan grafik batang 4.12 Membuat tabel frekuensi sederhana menurut tabulasi hasil pengukuran tinggi tubuh teman sekelas 4.13 Membaca, mendeskripsikan, dan menginterpretasikan data pokok yang ditampilkan pada sketsa dan grafik, termasuk grafik batang vertikal dan horizontal 4.14 Mengumpulkan dan menata data kategorikal atau diskrit dan menampilkan data memakai sketsa dan grafik, termasuk grafik batang vertikal dan horisontal dengan label terurut sesuai dengan grafik batang horizontal | Bilangan Bilangan Waktu Panjang Berat Uang Bentuk 2D Bentuk 2D Luas Panjang Berat Bentuk 2D Panjang Luas Volume Waktu Gambar Bentuk 2D Bentuk 2D Gambar Gambar Gambar Gambar | |
4 | 1. Indahnya kebersamaan 2. Selalu berhemat energi 3. Peduli makhluk hidup 4. Berbagai pekerjaan 5. Menghargai jasa pahlawan 6. Indahnya negeriku 7. Cita-citaku 8. Daerah kawasan tinggalku 9. Makanan sehat dan bergizi | 3.1 Mengenal konsep pecahan senilai dan melaksanakan operasi hitung pecahan memakai benda kongkrit/gambar 3.2 Menerapkan penaksiran dalam melaksanakan penjumlahan,perkalian, pengurangan dan pembagian untuk memperkirakan hasil perhitungan 3.3 Memahami hukum pembulatan dalam membaca hasil pengukuran dengan alat ukur 3.4 Memahami faktor dan kelipatan bilangan serta bilangan prima 3.5 Menentukan kelipatan komplotan dua buah bilangan dan menentukan kelipatan komplotan terkecil (KPK) 3.6 Menentukan faktor komplotan dua buah bilangan dan faktor komplotan terbesar (FPB) 3.7 Menentukanhasil operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan desimal 3.8 Memahami referensi penjumlahan dan pengurangan bilangan lingkaran dengan memakai hal-hal yang konkrit dan garis bilangan 3.9 Memahami konsep bilangan negatif memakai hal-hal yang konkrit dan garis bilangan 3.10 Menyederhanakan kesamaan dua verbal memakai penjumlahan, pengurangan, atau perkalian pada kedua ruas sehingga diperoleh bentuk yang paling sederhana 3.11 Menemukan berdiri segibanyak beraturan maupun tak beraturan yang membentuk referensi pengubinan melalui pengamatan 3.12 Mengenal sudut siku-siku melalui pengamatan dan membandingkannya dengan sudut yang berbeda 3.13 Memahami luas segitiga, persegi panjang, dan persegi 3.14 Menentukan korelasi antara satuan dan atribut pengukuran termasuk luas dan keliling persegi panjang 3.15 Mengenal sifat dari garis parallel 3.16 Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat menurut pembulatan yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana | Bilangan Bilangan Bilangan Bilangan Bilangan Bilangan Bilangan Bilangan Bilangan Bilangan Bentuk 2D Bentuk 2D Bentuk 2D Bentuk 2D Luas Bentuk 2D Panjang Berat Gambar |
| 4.1 Mengemukakan kembali dengan kalimat sendiri, menciptakan model matematika dan menentukan taktik yang efektif dalam memecahkan dilema faktual sehari-hari yang berkaitan dengan KPK dan FPB, satuan kuantitas, desimal dan persen, serta mengusut kebenarannya 4.2 Menyatakan pecahan ke bentuk desimal dan persen 4.3 Mengurai sebuah pecahan menjadi sebagai hasil penjumlahan atau pengurangan dua buah pecahan lainnya dengan membuatkan kemungkinan tanggapan 4.4 Melakukan pengubinan memakai segi banyak beraturan tertentu 4.5 Mengurai dan menyusun kembali jaring-jaring berdiri ruang sederhana 4.6 Membentuk jaring-jaring berdiri ruang yang berbeda dengan jaring berdiri ruang yang sudah ada 4.7 Membuat benda-benda menurut jaring-jaring berdiri ruang yang ditemukan dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar rumah sekolah atau kawasan bermain 4.8 Membuat peta posisi suatu tempat/benda tanpa memakai skala dengan memperhatikan arah mata angin 4.9 Mengembangkan, dan menciptakan aneka macam referensi numerik dan geometris 4.10 Membuat prediksi yang bekerjasama dengan referensi dan menelusuri referensi yang berulang dengan memakai pencerminan dan rotasi 4.11 Mengurai dan menyusun kembali jaring-jaring berdiri ruang sederhana 4.12 Mengidentifikasi dan mendeskripsikan lokasi objek memakai peta grid dan melalui percerminan 4.13 Merepresentasikan sudut lancip dan sudut tumpul dalam berdiri datar 4.14 Membandingkan jumlah sudut suatu segitiga dengan jumlah sudut suatu segi empat 4.15 Mengumpulkan dan menata data diskrit dan menampilkan data memakai sketsa dan grafik termasuk grafik batang ganda, diagram garis, dan diagram lingkaran 4.16 Menyajikan hasil pengukuran panjang atau berat menurut pembulatan yang disajikan dalam bentuk tabel sederhana 4.17 Menyatakan kesimpulan menurut data tabel atau grafik | Bilangan Bilangan Bilangan Bentuk 2D Bentuk 3D Bentuk 3D Bentuk 3D Gambar Gambar Gambar Bentuk 3D Gambar Bentuk 2D Bentuk 2D Gambar Panjang Berat Bilangan Gambar Gambar | |
5 | 1. Bermain dengan benda-benda di sekitar 2. Peristiwa dalam kehidupan 3. Kerukunan dalam bermasyarakat 4. Sehat itu penting 5. Bangga sebagai bangsa Indonesia 6. Organ tubuh insan dan hewan 7. Sejarah peradaban Indonesia 8. Ekosistem 9. Akrab dengan lingkungan | 3.1 Mengenal konsep perpangkatan dan penarikan akar bilangan pangkat dua dan bilangan pangkat tiga sederhana 3.2 Memahami aneka macam bentuk pecahan (pecahan biasa,campuran, desimal dan persen) dan sanggup mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, serta melaksanakan perkailan dan pembagian 3.3 Memilih mekanisme pemecahan dilema dengan menganalisis korelasi antar simbol, isu yang relevan, dan mengamati pola 3.4 Mengenal konsep perbandingan dan skala 3.5 Mengenal dan menggambar denah letak benda dan sistem koordinat 3.6 Menentukan korelasi antar satuan kuantitas dalam kehidupan sehari-hari (rim, lusin, kodi) 3.7 Menemukan rumus keliling dan luas lingkaran melalui suatu percobaan 3.8 Memahami arti rata-rata, median dan modus dari sekumpulan data 3.9 Memahami konsep frekuensi relatif melalui percobaan dan tabel | Bilangan Bilangan Bilangan Gambar Panjang Gambar ? Luas Bentuk 2D Bilangan Bilangan |
| 4.1 Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan aneka macam kemungkinan tanggapan 4.2 Menentukan bilangan yang tidak diketahui dalam persamaan yang melibatkan penambahan, pengurangan, perkalian, atau pembagian bilangan satu atau dua angka 4.3 Menunjukkan kesetaraan memakai perkalian atau pembagian dengan jumlah nilai yang tidak diketahui pada kedua sisi 4.4 Menentukan nilai simbol yang tidak diketahui dalam suatu persamaan 4.5 Melakukan percobaan dan melaporkan karenanya untuk menemukan keliling dan luas lingkaran serta menemukan rumus keliling dan luas lingkaran 4.6 Mencatat jarak dan waktu tempuh aneka macam benda yang bergerak ke dalam tabel untuk memahami konsep kecepatan sebagai hasil bagi antara jarak dan waktu dan menggunakannya dalam penyelesaian dilema 4.7 Menggunakan kubus satuan untuk menghitung volume aneka macam berdiri ruang sederhana 4.8 Menggambar denah sederhana memakai skala, mempertimbangkan jarak dan waktu dengan aneka macam kemungkinan lintasan, serta menentukan letak objek menurut arah mata angin 4.9 Mengukur besar sudut memakai busur derajat dan mengidentifikasi jenis sudutnya 4.10 Menyajikan korelasi dalam koordinat dan grafik 4.11 Membentuk aneka macam berdiri ruang yang volumenya sudah ditentukan 4.12 Menemukan luas permukaan dan volume dari heksahedron dan prisma segi banyak 4.13 Merumuskan dengan kalimat sendiri, menciptakan model matematika, dan menentukan taktik yang efektif dalam memecahkan dilema faktual sehari-hari yang berkaitan dengan konsep perbandingan, skala, dan korelasi antar kuantitas, serta mengusut kebenaran jawabnya 4.14 Mengumpulkan, menata, membandingkan, dan menyajikan data cacahan dan ukuran memakai tabel, grafik batang piktogram, dan diagram lingkaran (grafik masakan ringan cantik serabi) 4.15 Membuat kuesioner/lembar isian sederhana untuk mendapat isu tertentu 4.16 Menyatakan kesimpulan menurut data tabel atau grafik | Bilangan Bilangan Bilangan Luas Bentuk 2D Waktu Gambar Volume Bentuk 3D Waktu Gambar Bentuk 2D Gambar Volume Bentuk 3D Luas Volume Bentuk 3d Gambar Gambar ? Gambar | |
6 | 1. Selamatkan makhluk hidup 2. Persatuan dalam perbedaan 3. Tokoh dan Penemu 4. Globalisasi 5. Wira Usaha 6. Kesehatan Masyarakat | 3.1 Memahami operasi hitung yang melibatkan aneka macam bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) 3.2 Memahami perbandingan senilai dan perbandingan terbalik 3.3 Menentukan besar sudut yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan kawasan bermain dengan satuan tidak baku dan satuan derajat termasuk sudut antara arah mata angin dan sudut di antara dua jarum jam 3.4 Menentukan mekanisme pemecahan dilema dengan menganalisis korelasi antar simbol, isu yang relevan, dan mengamati pola 3.5 Mengenal unsur-unsur lingkaran 3.6 Mengenal diagonal ruang dan diagonal sisi dalam berdiri ruang sederhana 3.7 Memilahkan poligon oleh garis simetri dan dengan simetri rotasi 3.8 Memecahkan dilema sederhana melibatkan juring, busur, prisma, silinder, piramida, atau kerucut 3.9 Memahami cara menghitung nilai rata-rata, median, dan modus memakai statistik sederhana 3.10 Membandingkan tafsiran/arti rata-rata, median dan modus dari dua kumpulan data berbeda, tetapi sejenis. 3.11 Menemukan peluang empirik dari data luaran (output) yang mungkin diperoleh menurut beberapa jenis data saling terkait yang diolah memakai tabel dan grafik 3.12 Memahami kuesioner/lembar isian sederhana sebagai sarana yang akurat untuk mendapat isu tertentu | Bilangan Bilangan Bentuk 2D Gambar Bentuk 2D Bentuk 3D Gambar Bentuk 3D Bilangan Bilangan Himpunan Gambar ? |
| 4.1 Merumuskan dengan kalimat sendiri, menciptakan model matematika, dan menentukan taktik yang efektif dalam memecahkan dilema faktual sehari-hari yang berkaitan dengan operasi hitung, berdiri ruang dan data, serta mengusut kebenaran jawabnya 4.2 Membuat garis-garis dengan sumbangan benang yang menghubungkan dua buah titik sudut dalam kubus atau balok dan menemukan berdiri datar gres yang sanggup dibuat oleh benang-benang tersebut dan menggambarkannya dalam bentuk sketsa 4.3 Membentuk/menggambar berdiri datar gabungan sederhana serta menghitung luasnya 4.4 Membentuk/menggambar berdiri ruang gabungan sederhana serta menghitung volumenya 4.5 Mengamati referensi atau melaksanakan percobaan untuk menemukan jumlah sudut segi tiga dan segi empat 4.6 Mengukur besar sudut yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah dan kawasan bermain dengan satuan derajat termasuk sudut antara arah mata angin dan sudut di antara dua jarum jam 4.7 Menghitung luas permukaan prisma dan silinder 4.8 Menggambar plotting titik-titik di kuadran pertama 4.9 Menggunakan juring, kesamaan busur, prisma, silinder, piramida, dan kerucut untuk memecahkan dilema sederhana 4.10 Menggunakan data statistik hasil pengamatan untuk menaksir peluang kejadian 4.11 Mengumpulkan data memakai kuesioner sederhana, mengolah, dan memaparkan data dalam bentuk tabel dan grafik yang sesuai 4.12 Menarik kesimpulan menurut data hasil pengamatan yang diolah memakai statistik sederhana, tabel, dan grafik | Bentuk 3D Bentuk 3D Bentuk 2D Luas Bentuk 3D Gambar Bentuk 2D Gambar Luas Gambar Bentuk 3D Himpunan Gambar Gambar |
0 Response to "Konten Bahan Sd Berdasarkan Buku Lines Of Development In Primary Mathematics"