KELAS | TEMA | KOMPETENSI DASAR | KONTEN/ISI | BERPIKIR MATEMATIKA (Shigeo Katagiri) | RME | PIAGET | BRUNER | PERANGKAT PEMBELAJARAN | FILSAFAT IDEOLOGI | |||||
REFERENSI | KURIKULUM 2013 | SIKAP MATEMATIKA | METODE MATEMATIKA | KONTEN MATEMATIKA | ||||||||||
1 | 2 | Kegemaranku | 3.11 | Membandingkan dengan memperkirakan panjang suatu benda memakai istilah sehari-hari (lebih panjang, lebih pendek) | Panjang | Saintifik | Mencoba untuk membangun perspektif | Berpikir induktif Pemikiran Analogis | Ide sifat dasar | World Orientation (1) Model Material (2) Building Stones (3) | Operasional konkret | Enaktif: Pensil panjang dan pensil pendek Iconic: Dibandingkan dengan istilah lebih panjang-lebih pendek | PBL | Konstruktivis |
2 | 8 | Keselamatan di Rumah dan Perjalanan | 3.6 | Mengetahui satuan panjang dan berat benda, jarak suatu kawasan (baik tidak baku maupun yang baku) dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar | Panjang Berat | Saintifik | Mencoba untuk meningkatkan aliran dari tingkat aktual ke tingkat abstrak | Berpikir induktif Pemikiran Abstrak Berpikir yang melambangkan | Ide Unit | World Orientation (1) Model Material (2) Building Stones (3) Formal mathematics (4) | Operasional konkret | Enaktif: Penggaris panjang-Penggaris pendek Iconic: Mengukur dengan jengkal tangan Simbolic: Mengukur dengan penggaris (cm) | CTL | Konstruktivis |
3 | 6 | Indahnya Persahabatan | 3.9 | Mengenal relasi antar satuan waktu, |
antar satuan panjang, dan antar satuan
berat yang biasa dipakai dalam
kehidupan sehari-hari
berat yang biasa dipakai dalam
kehidupan sehari-hari
Panjang Berat Waktu
Saintifik
Mencoba untuk membangun perspektif
Pemikiran Analogis Pemikiran Integratif
Berpikir fungsional
World Orientation (1) Model Material (2) Building Stones (3) Formal mathematics (4)
Operasional konkret
Enaktif: Penggaris panjang-Penggaris pendek Iconic: Mengukur dengan penggaris Simbolic: Membandingkan cm & mm pada penggaris
PBL
Konstruktivis
4
6
Indahnya Negeriku
3.16
Menentukan nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat menurut pembulatan yang disajikan
dalam bentuk tabel sederhana
dalam bentuk tabel sederhana
Panjang Berat Bilangan Gambar
Saintifik
Mencoba untuk mengambil tindakan yang sesuai
Berpikir yang mengungkapkan dengan angka, kuantifikasi
Berpikir fungsional
World Orientation (1) Model Material (2) Building Stones (3) Formal mathematics (4)
Operasional konkret
Enaktif: Meja panjang-meja pendek Iconic: Mengukur dengan penggaris Simbolic: Menentukan nilai dari pengukuran
CTL
Konstruktivis
5
3
Kerukunan dalam Bermasyarakat
3.4
Mengenal konsep perbandingan dan skala
Panjang Gambar
Saintifik
Mencoba untuk membangun perspektif
Berpikir analogis
Ide set
World Orientation (1) Model Material (2) Building Stones (3) Formal mathematics (4)
Operasional konkret
Enaktif: Mengukur panjang tongkat Iconic: Mengukur jarak 2 kota pada peta Simbolic: Perbandingan skala
PBL
Konstruktivis
6
0 Response to "Learning Trajectory Bahan Panjang"