Latest News

Tugas Learning Trajectory (Vtr Pembelajaran Team Teaching)

TUGAS PENGEMBANGAN LEARNING TRAJECTORY PESERTA DIDIK

NAMA  : SULISTIYA INGWARNI
NIM      : 14712259008
KELAS : P2TK DIKDAS

     I.          KOMENTAR
Setelah saya mengamati video ihwal pembelajaran matematika memakai model pembelajaran “team teaching” yang telah ditayangkan maka saya sanggup mengambil beberapa citra yaitu:
1.      Team teaching merupakan bentuk kolaboratf guru dalam proses pembelajaran. Menurut saya, ada beberapa laba yang diperoleh dari model pembelajaran “team teaching”, diantaranya adalah:
a.       Guru sanggup saling membantu dalam kegiatan observasi proses pembelajaran di kelas.
b.      Guru sanggup saling berkonsultasi terhadap perkembangan berguru siswa.
c.       Pendampingan kepada bawah umur yang masih membutuhkan bimbingan (lambat belajar) bakal lebih maksimal.
2.      Gambaran kegiatan positif guru dan siswa dalam video pembelajaran tersebut yang sanggup saya peroleh adalah:
a.       Siswa berguru matematka menurut pengalamannya.
b.      Siswa membangun sendiri konsep/pengetahuan matematika mereka.
c.       Siswa terlatih untuk berpikir kritis dengan menuntaskan permasalahan matematika.
d.      Guru menghargai setiap ide/pendapat dari siswa.
e.       Guru memperlihatkan kesempatan yang sangat terbuka bagi semua siswa untuk mengungkapkan ide, pendapat, pemikiran maupun pertanyaan mereka.
f.       Bahwa ternyata siswa memiliki potensi yang cukup besar dan perlu adanya sebuah proses yang baik untuk menggali potensi pengetahuan siswa.

  II.          PERTANYAAN
Bagaimana bila dalam pelaksanaan  model pembelajaran “team teaching” terjadi ketidak seimbangan dalam hal kerja sama guru, artinya bahwa ada guru yang terlalu pasif dan ada guru yang terlalu aktif (mendominasi)?
Bagaimana solusi terbaik menuntaskan permasalahan tersebut?

III.          KELEBIHAN DAN KEKURANGAN METODE PEMBELAJARAN LAINNYA YANG SELAMA INI SAYA PRAKTIKKAN, DAN SEBERAPA JAUH SAYA BELAJAR DARI VIDEO YANG TELAH DITAYANGKAN UNTUK MEMPENGARUHI DAN KEMUNGKINAN MEMPERBAIKI PRAKTIK PEMBELAJARAN SAYA.
1. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN METODE PEMBELAJARAN YANG TELAH SAYA PRAKTIKKAN
Selama ini saya telah mempraktikkan beberapa metode pembelajaran diantaranya ekspositori, diskusi kelompok, game dan drill soal.
a.       Kelebihan metode pembelajaran yang telah saya praktikkan
1)      Ekspositori
Siswa mengetahui materi secara runtut.
2)      Diskusi kelompok
Siswa lebih aktif dalam pembelajaran.
Kerja sama dan relasi antar siswa menjadi semakin positif.
3)      Game
Siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran, alasannya yaitu menyenangkan.
4)      Drill soal
Siswa menjadi lebih berpengalaman mengahadapi banyak sekali macam jenis soal.
b.      Kekurangan metode pembelajaran yang telah saya praktikkan
1)      Ekspositori
Siswa menjadi pasif dalam pembelajaran dan terkadang terjadi kejenuhan.
2)      Diskusi kelompok
Pengkonntrolan kegiatan siswa sering tidak terkendali (jika tidak jeli maka beberapa siswa malah bakal memakai kegiatan diskusi kelompok ini sebagai kesempatan untuk ramai/bermain sendiri).
3)      Game
Terkadang siswa lebih asyik dengan game-nya daripada dengan tujuan/materi pembelajarannya, sehingga sering materi/tujuan pembelajaran malah kurang maksimal.
4)      Drill soal
Terlalu sering melaksanakan drill soal bakal menciptakan siswa  menjadi jenuh, dan kemudian bakal menjawab soal secara asal-asalan, yang penting cepat selesai.


2.      SEBERAPA JAUH SAYA BELAJAR DARI VIDEO
Setelah mengamati tayangan video ihwal pembelajaran matematika memakai model pembelajaran “team teaching” yang dilakukan di Jepang banyak sekali imbas bagi diri saya untuk melaksanakan perubahan pada pembelajaran di kelas saya nantinya, diantaranya adalah:
a.       Fakta bahwa siswa memiliki potensi yang cukup besar dalam membangun pengetahuannya sendiri, sehingga dalam pembelajaran sangat diharapkan kegiatan/pengalaman yang sanggup memfasilitasi siswa dalam menggali dan membangun pengetahuan. Guru berperan sepenuhnya hanya sebagai fasilitator saja, bukan sebagai pentransfer ilmu. Sehingga penggunaan metode ekspositori sudah tidak layak dipakai dalam pembelajaran.
b.      Pemberian kegiatan/pengalaman bakal menciptakan siswa bakal semakin berpikir secara kritis, sehingga guru wajib menyediakan kegiatan/pengalaman yang bermakna bagi siswa.
c.       Pemberian kesempatan yang sangat terbuka bagi siswa untuk memberikan ide, gagasan, pemikiran maupun pendapat kemudian guru memperlihatkan umpan balik dan penguatan dengan sempurna merupakan bentuk apresiasi/penghargaan terhadap jerih payah siswa dalam menggali pengetahuan yang bakal sangat meberikan pinjaman positif terhadap motivasi berguru siswa.
d.      Fakta bahwa dalam menggali dan membangun sebuah pengetahuan siswa membutuhkan sebuah proses. Dan proses yang dibutuhkan antara siswa yang satu dengan yang lainnya berbeda-beda. Sehingga guru harus menghargai setiap proses yang dijalani oleh siswa. Bukan hanya melihat pada balasannya saja. Guru harus mendampingi dan melayani setiap kesulitan yang dihadapi oleh siswa dan harus jeli mengamati perkembangan berguru setiap siswa.
e.       Bahwa sangat perlu adanya kerjasama antara teman sejawat (sebagai guru) untuk saling membantu dan berkonsultasi terhadap perkembangan setiap siswa.




***TERIMA KASIH***

0 Response to "Tugas Learning Trajectory (Vtr Pembelajaran Team Teaching)"

Total Pageviews