Latest News

Penelitian Penilaian

PENELITIAN EVALUASI(EVALUATION RESEARCH)
A.    Pengertian Penelitian Evaluasi
Menurut Gall (2003: 542) penilaian pendidikan yakni proses menciptakan penilaian perihal manfaat, nilai, atau keseimbangan kegiatan pendidikan. Fokus penilaian pada penggalan ini adadalah kegiatan untuk banyak sekali fenomena, metode, material, organisasi, perorangan, dll. Penelitian penilaian sudah berkembang semenjak usang dimana dipakai sebagai pelayanan dalam bidang layanan evaluasi.
Penelitian menjadi begitu penting alasannya yakni berkaitan eksklusif dengan analisiskebijakan danmanajemen program. Sehubungan dengananalisiskebijakan, penelitian evaluasimenghasilkandata pentingtentang biaya, manfaat, danketerbatasanalternatifprogram yangbervariasi. Analis kebijakandapatmenggunakandata iniuntuk mempersiapkanrencana program, yang kemudianditinjau olehindividu dengan otoritas pengambilan keputusan, sepertianggota dewandanpejabat pemerintah. Penelitian penilaian juga dipakai untuk menciptakan advokasi terhadap kebijakan potlitik.
Penelitian penilaian juga telah menjadi komponen yang semakin penting dari administrasi program. Evaluasi manfaat biaya (juga disebut penilaian efisiensi) dilakukan untuk menentukan apakah kegiatan menghasilkansesuatu yang bermanfaat sesuai dengan anggaran yang digunakan. Penggunaan lain dari penilaian yakni menharuskan pimpinan bertanggung jawab untuk memproduksi hasil. Evaluasi juga dilakukan untuk membantu pimpinan menciptakan keputusan yang sempurna terkait dengan rancangan program, personel, dan anggaran.
B.     Hubungan Antara Penelitian dan Evaluasi
Dalam prakteknya, evaluatormenggunakan sebagian besardesainyang sama dalampenelitian, alat ukur, dan teknikanalisis datayang merupakanmetodologipenelitian pendidikan. Untuk alasanini, peneliti mengacu padastudi evaluasi. Meskipun demikian, berdasarkan Gall (2003: 542-543) evaluasiberbeda darijenis penelitiandalam beberapa cara.
Pertama, studievaluasibiasanyadimulai dengankebutuhanseseoranguntuk mengambil keputusanmengenai kebijakan, manajemen, ataustrategi politik. Tujuan daripenelitianevaluasi adalahuntuk mengumpulkan datayangakanmemfasilitasikeputusan ini. Sebaliknya, tujuan penelitianadalah untuk mengembangkanpemahaman tentangfenomenakhusus. Temuan daristudi penelitianjuga sanggup digunakanuntuk memandupengambilan keputusan, sedangkan evaluasidapat mengembangkanpemahaman tentangfenomenatertentu.
Kedua, penelitiandan evaluasijuga berbeda dalamsejauh manatemuandapat digeneralisasikan. Evaluasidilakukanuntuk tujuan yang sangatspesifik. Pengambil keputusanmendapat laba daristudi evaluasikhususuntuk mengumpulkandata yang relevan denganmasalahkhusus mereka. Sebaliknya, para penelitilebih cenderungtertarikdalam menemukanhubunganantaravariabel yang digeneralisasikanataumenemukanartibahwa individuatau kelompokmenganggaprealitassosial. Para penelitimerekrutkelompok tertentu,pendidikatau siswauntuk berpartisipasi dalamstudi mereka, tetapi biasanya mereka dilihat sebagaisampelpopulasi yang lebih besardimanatemuanakandigeneralisasi, atau sebagaikasusuntuk mereplikasitemuanyang relevan denganteori. Sekali lagi, perbedaan tersebut tidakmurni: Beberapastudi evaluasiyang dirancang untukmenghasilkantemuansecara luasdigeneralisasikan, dan beberapapenelitian dasartelah membatasigeneralisasi.
Ketiga, evaluasidan penelitianberbeda dalampenilaian yang merekanilai. Studi evaluasidirancang untukmenghasilkandata mengenainilai, jasa, ataunilaifenomenapendidikan. Temuan merekacenderungdinyatakan dalamungkapan-ungkapan seperti"program membaca inilebih unggul dariprogramlain sehubungan dengan..." atau"Para guru di kabupaten iniberpikir bahwapendekatan gres untukpelatihanin-servicelebih unggul dari pendekatanyang adakarena___'Sebaliknya, penelitimerancangstudi merekauntuk menemukankarakteristikpenting darifenomenapendidikan. Temuan merekacenderungdikemas dalamfrase seperti"tampak bahwavariabelXmemiliki imbas terhadapvariabelY," atau"Menggunakan pendekatan grounded theory, saya menemukan bahwakonseloratributperilakuberisikosiswa untukdua jenismotivasi." pendidikdapatmembuat penilaiandankeputusan berdasarkantemuan nilaipenelitian tersebut, tapi iniadalah penggunaansekunderdaritemuan.
Penelitian evaluasi merupakan suatu mekanisme ilmiah yang sistematis yang dilakukan untuk mengukur hasil kegiatan atau proyek (efektifitas suatu program) sesuai dengan tujuan yang direncanakan atau tidak, dengan cara mengumpulkan, menganalisis dan mengkaji pelaksaaan kegiatan yang dilakukan secara objektif. Kemudian merumuskan dan menentukan kebijakan dengan terlebih dahulu mempertimbangkan nilai-nilai positif dan laba suatu program.
C.    Langkah dalam penilaian program
Menurut Gall (2003: 543-548) langkah-langkah dalam penelitian penilaian sebagai berikut:
1.      Mengklarifikasi alasan untuk evaluasi
Sebuah studi penilaian sanggup dimulai alasannya yakni evaluator  berminat melakukannya, alasannya yakni individu lain atau forum yang diminta, atau alasannya yakni evaluator memiliki kepentingan pribadi dan agensi juga perlu untuk evaluasi. Jika kita bakalmelakukan evaluasiuntuk menjawab pertanyaanterutama yang menarik, kita hanya perluuntukmengklarifikasiumengapapenelitianperlu dilakukan. Penelitian tersebutdimotivasiolehminat penelitidalam menggunakanmetodependidikanuntuk menyorotiaspek-aspek tertentudariinstruksi dalamkelas. Ketikaevaluasidiminta, evaluatorharus mempertimbangkan dan menyelidikiuntuk menentukansemuaalasanpermintaanevaluasi. Evaluasidapat dimintakarenamereka diwajibkanolehbadan akreditasiatau lembagapendanaan. Evaluasitersebutbiasanyadisahkan.
Evaluasijugadapat dimintauntuk suatualasanyang meragukan. Seseorangmungkin ingin menggunakanevaluasi untukmemperbaiki sikap diristaf program, dalam hal ini, evaluasimelayani fungsipenjagaan. Seseorangmungkin inginevaluatormengumpulkan buktiuntuk membenarkankeputusanyang sudahdibuat untukmengakhiri programataupengurangandanaatauuntukmendapatkann informasiyangakan mencerminkanbaik tidaknyapadabeberapa anggotastaf program. Jikaanggota stafmerasa bahwatujuan tersebutmendasarievaluasi, merekadapat bekerjauntuk menyabotupayaevaluator.
Untuk menentukanlegitimasipermintaanevaluasi, evaluatorperlumenghabiskan waktumewawancaraiindividu kunci untukmemutuskan apakah permintaantersebut wajardan etis. Ahlievaluasimenyarankan Andamenolak untukmelakukan evaluasijika adapelanggaranetikatelah terjadiatau mungkinterjadi

2.      MemilihModelEvaluasi
Memilihmodelevaluasi yang tepatmembutuhkankehati-hatian,karena adabanyak modelyang sanggup dipilih. Menurut Gall (2003: 545) yang harus diperhatikan dalam menentukan model penelitian penilaian yakni :
·         Tujuan darievaluasi danpertanyaan-pertanyaanyang ditanyakan
·         Metodepengumpulan data
·         Hubungan antaraevaluator, administrator yang mengawasievaluasi, danindividu-individudalam programatau organisasiyang dievaluasi.
Dalam studisekolah menengah, Strahan, CooperdanWardmemilihmodel evaluasikolaboratifuntuk memanduproses evaluasimereka. EvaluasiColaborativeadalahevaluasisetiapdi manaada tingkatsignifikankolaborasiataukerjasama antaraevaluatordanpara pemangku kepentingandalam perencanaandan/ataumengkondisikanevaluasi. Dengan demikianindividuyang dievaluasiadalah pesertaaktifdalam menentukanarah danpenggunaanevaluasi, bukanobyekpasifstudi. Modelevaluasikolaboratifmirip dalamhal-hal tertentudengan modelevaluasiresponsif.
3.      Mengidentifikasipemangku kepentingan
Pemangku kepentinganadalahorangyang terlibatdalam programyang sedangdievaluasiatauyang mungkinakan terpengaruholeh atautertarik padatemuanevaluasi. Hal ini pentinguntuk mengidentifikasistakeholderpada awalstudievaluasi. Merekadapat membantumenjelaskanalasan mengapapenelitiandiminta, pertanyaan yang membimbingevaluasi, pilihan desainpenelitian, interpretasi hasil, dan bagaimanatemuanharus dilaporkandan kepada siapa.
Mengabaikanbeberapajenispemangku kepentingandapatmemiliki konsekuensipolitik yang serius. Kelompokspesifikatau individudapatmenyabotaseprosesevaluasi ataumendiskreditkanhasilnya jikamereka melihatevaluatortidak melihatkeinginan merekauntukterlibat. Namun, tidakperlumelibatkan semuapemangku kepentinganpada tingkat yang sama. Beberapakeinginanpemangku kepentinganhanya untukdisimpan sebagai informasi, sedangkan lainnyamungkin inginmempengaruhipertanyaanyang memandustudi dandesainevaluasi.
EvaluasiSekolahmenengahyang kita gunakansebagai contohadalah komprehensif dankolaboratif, sehinggaada banyakpemangku kepentingan. Administratorkabupatenmemiliki hakdalammemastikanbahwa17sekolah menengahmengajukanrencana perbaikansekolah formalsetiap tahundan bahwarencanatermasukkeamanansekolah danpenggunaanhasildigunakantes prestasi. KantorPenelitiankabupatenmemiliki kekuasaandalam memastikanvaliditas dankegunaaninstrumen surveiyang digunakanuntuk mengumpulkandatatentangpersepsiguru, siswa, dan orang tua,termasukefektivitassekolah. Sebuahtim kepemimpinanuntuk setiap sekolah, yang terdiri dariguru, orang tua, administrator, danevaluator/fasilitator, bertanggung jawabuntuk rencanaperbaikansekolah. Timkepemimpinansendiri adalahstakeholderyang penting dalam prosesevaluasi. Setiap timsesekalidimintawawancaradankuesionerdata darisiswa, guru, dan orang tuadi sekolah, yang jugapemangku kepentingan.
4.      Memutuskanapa yang akandievaluasi
Salah satu tugasyang dihadapievaluatoradalahmenggambarkanprogramdanproses identifikasikarakteristik yang paling pentingdariprogram yang akandievaluasi. Dalam penggalan ini evaluator hasrus memutuskan komponen kegiatan yang bakal dievaluasi. Komponen programdapat dikelompokkanke dalamkategori berikut: tujuan program, sumber daya program,  prosedurprogram, manajemenprogramdanhasil program. Kategori-kategori inibergunauntukmerancang sebuahstudi evaluasiterlepas darimodelevaluasiyang digunakan.
a.       TujuanProgram
Memutuskan tujuanprogram merupakan halpenting bagikebanyakan studievaluasi. Tujuan adalahtitiktujuan, efek, atau akhirbahwapengembangprogramtercapai. Jikaprogram tidakmemiliki tujuan, atau jikatujuantidak dianggap berharga, sulit untukmembayangkan bagaimanaprogram itu sendiridapatmemiliki manfaat.
Beberapa kegiatan memiliki tujuan yang spesifik. Setelah tujuan kegiatan telah diidentifikasi, evaluator mungkin diminta oleh pemangku kepentingan untuk menentukan sejauh mana kegiatan ini benar-benar mencapai tujuan. Dalam kegiatan penilaian formatif, kiprah yang diberikan sanggup membantu para pengembang menentukan apa tujuan dari program. Kemudian pada kegiatan penilaian sumatif, evaluator berusaha untuk menentukan sejauh mana kegiatan ini memenuhi tujuannya.
Tujuan dari penilaian berguru sekolah menengah yakni tujuan perbaikan sekolah, alasannya yakni penelitian meliputi beberapa tahun, data penilaian dari satu tahun, disajikan dalam laporan individu untuk 17 tim, membentuk tujuan perbaikan untuk tahun berikutnya. Sebagai contoh, Strahan, Cooper, dan Ward mengamati bahwa: "...... semua 17 tim memakai informasi dari laporan tahun pertama mereka sebagai salah satu dari beberapa pertimbangan dalam menyempurnakan planning perbaikan sekolah mereka untuk tahun kedua. Informasi laporan termasuk hasil prestasi berguru siswa pada hasil tes negara, wawancara dan kuesioner diberikan kepada banyak sekali kelompok pemangku kepentingan.
Analisis evaluator dari planning peningkatan tahun kedua mengungkapkan hal berikut:Semua 17 tim mengidentifikasi tujuan prioritas untuk perbaikan Intructional dalam matematika dan menulis, 16 tim dalam membaca. Semua 17 tim mengidentifikasi keamanan sekolah sebagai prioritas lain untuk perbaikan, tempat lain untuk perbaikan bahwa tim ditargetkan  adalah pendidikan penasehat Program / huruf (15), disiplin seluruh sekolah (15), dan keterlibatan orang bau tanah (15).
Kita sanggup menyimpulkan bahwa tujuan-tujuan ini memiliki manfaat di mata stakeholder, alasannya yakni mereka menghasilkan data yang dipakai untuk mencapai tujuan. Hal ini sepertinya menjadi salah satu manfaat dari model penilaian kolaboratif.
b.      Sumber dayadan Prosedur
Sumber dayaadalahpribadi, peralatan, ruang, danitem biayalain yang dibutuhkan untukmenerapkan prosedurprogram. Proseduradalahteknik, strategi, danproses lainnya yang digunakandalam hubungannya dengansumber daya untuk mencapaitujuan. Evaluasisumberdaya programdan prosedursangat membantuuntuk memahamiefek yang diamatidari sebuah program. Misalkanprogrampembelajaranbarudiobservasimemilikiefek yang sanggup diabaikanpadaprestasi siswa. Pembuatkeputusanmungkin memilihuntuk menghentikanprogram karenahasilevaluasinegatif. Namunprogram inimungkintidak efektifkarenabahan yang dibutuhkantidaktiba sempurna waktu, atau karenagurumengalami banyakgangguanyang mengurangitotalwaktu yang dialokasikan untukpelaksanaan program. Jikaevaluatortelahmengumpulkan datamasalahsumber dayadanproseduralini, para pengambil keputusanmungkin telah memilihalternatiftindakan.Keputusan tentangrevisiprogram dapatdibuat lebihefektifjikapengembangtahu seberapa baikprogram yang adabekerja, dan mengapa.
c.       Manajemenprogram
Kebanyakan programmemiliki sistemmanajemenuntuk memantausumber daya danprosedursehinggamereka digunakansecara efektifuntuk mencapaitujuan program. Kita mungkinberpikir bahwamanajemenhanya beroperasidalam programberskala besar, seperti sistempendidikan menengahatau koordinasikurikulumdidistrik sekolah. Namunbanyak programkurikulumberisiprosedurmanajemenuntuk memantausiswa(contohnya, kuishariandan akhir-of-unit test). Juga bisamemperluaskonsepmanajemenuntuk memasukkanmanajemen diri(contohnya, gurumemantaupengajaran di kelasmereka sendiridalam rangka meningkatkankinerja mereka /on-the-job).
Beberapastudi evaluasifokus padasistem manajemendalam menanggapipertanyaan-pertanyaan seperti"Apakah sistem manajemenmemastikanpenggunaansumber daya secara efektif? Apakahsistem administrasi bisaefisien?"Apakah prosedurmanajemenyang digunakansebagaimana dimaksudolehpengembang?" Masing-masing pertanyaanini memerlukanevaluatoruntuk merancang penelitianyang menggambarkansistemmanajemendanmemeriksaoperasidalam praktek.
Dalam studievaluasisekolah menengah, timkepemimpinan dimasing-masing dari17 sekolahadalahelemen kuncidalam sistemmanajemen yang digunakanolehdistrik sekolahuntuk membawaperbaikan sekolah. Paraevaluatortidakmembuat penilaian tentangtimkepemimpinanselainmencatatbahwakepala sekolahmenyatakan bahwa"tim kepemimpinanmenetapkan prioritasyang lebih jelasdanmemantau kemajuanyang lebihsistematisdaripada merekabeberapatahun yang lalu." Ini menunjukkanbahwa modelevalusikolaboratiftidakjugacocok untukmengumpulkandata tentangsistem manajemensepertimodelevaluasi lainnya, terutamamodelCIPPdijelaskankemudian dalam penggalan ini
d.      Hasil Program
Biasanya, dalam evaluasibaikprogram yang adaatau yangbaru didirikan, adalahuntuk mengevaluasihasil program. Kamimemperkenalkankomponenkunciprogrampada bagianpengumpulan dan analisis dataevaluasi danmsecara rinci dalamdeskripsiberikutnyapendekatan yang berbeda untukevaluasi.
5.      MengidentifikasiPertanyaanEvaluasi
Masalahpenelitiandapat dinyatakandalam bentukpertanyaan, hipotesa, atau tujuan. Kisaran format yang samadapat digunakandalam studievaluasi, meskipunyang paling umum untukpertanyaannegara.
LeeCrobachmembedakandua fasedalam memilihpertanyaanuntukstudi evaluasi. Tahapdivergenmelibatkanmenghasilkandaftar lengkappertanyaan, masalah, keprihatinan, dan kebutuhaninformasiyang mungkindibahasdalam studievaluasi. (Perhatikan bahwa masalah, keprihatinan, dan kebutuhaninformasi dapatdiulangkemudiansebagaipertanyaanuntuk mempertahankanformat yang konsisten). Sebagaievaluator, Andaharus mengundangsemuastake holderuntuk berkontribusike daftarini. Selain itu, Andadapat menyarankanpertanyaanyang mungkinuntuk belajar. Pendekatankhusus untukevaluasi yangtelah Anda pilihuntuk memandustudi Andajugadapatmemintaide-ide untukpertanyaan. Misalnya, pada bagianformatifdansumatifevaluasi, termasukchecklistuntuk mengevaluasiprodukpendidikan. Para pemangku kepentingandapatdiminta untukmengisibeberapa atausemua itemchecklistuntuk dimasukkandalam penelitian ini. Itemyangtelahkitanyatakan dalambentuk pertanyaan, dapat ditambahkankedaftar pertanyaanyang dihasilkandengan cara lain.
Fasekedua Cronbanchadalahfasekonvergen.Ini mengurangijumlah daftar awalpertanyaanevaluasi. Fase inidiperlukankarena biayayang terlibat dalammenjawabberbagaipertanyaanevaluasi. Evaluator, dalampertanyaan yangdapat dijawabdengan sumber dayayang tersedia.
D.    MengembangkanEvaluasi DesaindanTime Line
Menurut Gall (2003: 548) banyak studievaluasimirip denganpenelitianstudidalam desain, pelaksanaan, dan pelaporan. Dengan demikian, salah satuprosedurpenelitian yang diuraikandalam bab-babsebelumnyadapat dimasukkanke dalam desainstudievaluasi. Studievaluasi, dapat pulahadirbeberapa isuyang tidakmuncul dalamstudi penelitian.
Salah satumasalah adalahapakahevaluasiharus dilakukanolehevaluatorinternal ataueksternal. Evaluatorinternal yakni anggotastafdari programyang sedangdievaluasi.
Evaluatoreksternal tidakdipekerjakan dalam programregulernamundigunakankhususuntuk melakukanevaluasi. Orang inikadang-kadangdisebutevaluatorpihak ketigaataukontraktorevaluasi.
Sebagian besarjenis evaluasidapat dilakukanolehevaluatorinternalterutamaketikatemuanevaluasi akandigunakanuntuk memanduprogram manajemendan pengambilan keputusan.
Evaluasi formatif difungsikan sebagai pengumpulan data pada waktu pendidikan masih berlangsung. Data hasil penilaian ini sanggup dipakai untuk “membentuk” (to form) dan memodifikasi kegiatan kegiatan. Jika pada pertengahan kegiatan sudah diketahui hal-hal apa yang negatif dan para pengambil keputusan sudah sanggup menentukan sikap perihal kegiatan yang sedang berlangsung maka terjadinya pemborosan yang mungkin bakal terjadi, sanggup dicegah.
Evaluasi sumatif dilangsungkan jikalau kegiatan kegiatan sudah betul-betul selesai dilaksanakan. Evaluasi sumatif dilaksanakan untuk menentukan sejauh mana sesuatu kegiatan memiliki nilai kemanfaatan, terutama jikalau dibandingkan dengan pelaksanaan program-program yang lain. Penilaian sumatif bermanfaat datanya bagi para pendidik yang bakal mengadopsi kegiatan yang dievaluasi berkenaan dengan hasil, kegiatan atau prosedur.

E.     PengumpulandanAnalisaEvaluasi Data
Pengumpulan dan analisis datadalam studievaluasi danstudi penelitianserupa. Sebagaicontoh,studi evaluasisekolah menengahterutamamelibatkandesain deskriptifdi manapersepsi pemangku kepentingandanprestasi siswadiukursetiap tahun ajaran. Menurut Gall (2003: 550) instrumenpengumpulan dataadalah sebagai berikut:
1.    Survey yang komprehensif diSekolahmenengah, kuesioner yangdiberikankabupaten untuk mengukurpersepsipemangku kepentingandariberbagaielementsekolahmenengah, sepertiinstruksidibedakan,  saran penasehat/program, penjadwalanblok/penjadwalan yang fleksibel, kelompokinterdisipliner, keamanan sekolahdan disiplin,danketerlibatan orang tua.
2.    tes akhirprestasikelas, untuk menilaihasil program.
3.    Wawancaraterstruktur
4.    kuesionerInformaldikembangkan untuk digunakansekolah lokal
5.    iklim sekolahdansurveikeamanan, kuesioneryang mengukurpersepsigurudansiswatentang keamanansekolah
Selain itu,evaluatorbekerjadengan kantorpenelitiankabupatenuntuk merevisisurveiyang komprehensifdi sekolahmenengahuntuk membuatnya lebihdigunakan olehpara pemangku kepentingan
F.      PelaporanHasilEvaluasi
Sebuah studipenelitianyang khasakanmenghasilkansatu laporan, contohnya, tesis master, disertasi doktor, ataulaporan teknis. Sebuahversidarilaporanselanjutnyamungkindisajikan sebagaimakalahpada konferensiprofesional atauditerbitkansebagaiartikel jurnal.
Pelaporanstudievaluasikadang-kadanglebih rumit karenaberbagai jenispemangku kepentinganyang terlibat, danmasing-masing memilikikebutuhaninformasi yang berbeda. Dalam studievaluasisekolah menengah, evaluatorberkolaborasi denganmasing-masing timpimpinan sekolah untukmemberikan laporan berdasarkananalisis. Laporanini diberikan kepada parapemangku kepentingan lainnyadengan baik. Selain itu, tampak bahwaberbagai laporaninformaldipersiapkanuntuk penggunaan internaloleh individuyang terlibatlangsung dalam proses evaluasikolaboratif. Akhirnya, evaluatormenyiapkanartikel jurnaluntuk berbagitemuan merekakepadamasyarakat luas.
Jika melaksanakan studievaluasiuntukgelardoktor/master, Andamungkin perluuntukmengkomunikasikantemuanAndadalam beberapa bentukuntuk memenuhikebutuhanadministratorprogram danpemangku kepentingan lainnya. Selain itu, Andaakanperlu untukmelaporkanhasil dalamtesisatau disertasi. Oleh panitia, tesis atau disertasiAndamungkin akandiminta untuk menggunakanformat yang sama sepertiuntukmelaporkansebuah studi penelitian. Sebagai contoh,Andamungkin perluuntukmenulistinjauan ekstensif dariliteratur, yang umumnyatidak ditemukan dalamlaporanevaluasi program.
Tesisatau disertasiharus mencakupdiskusi tentangbagaimanahasil evaluasidigunakan. Ini adalahmasalah yangcukup menarikpara ahlievaluasi. Bahkan, penelitian telah dilakukantentang bagaimanatemuan-temuan evaluasisebenarnyadimanfaatkanolehpengambil keputusan. Fiturlain yang umumdaristudi evaluasidilaporkan sebagaitesisataudisertasiadalahdiskusi tentangsignifikansi penelitian. Sebagai contoh, hasil penelitianAndamungkin memilikisignifikansiteoretis ataubisa berfungsisebagaireplikasitemuansebelumnya padamasalah yang sama. Jika demikian,Andaharus mendiskusikanstudi dariperspektif ini.
Banyak proyekevaluasidapat dilihat sebagaistudi kasusdaripenerapanmodelevaluasitertentu. Jika sesuai, bagianpembahasantesisataudisertasiharus mempertimbangkanstudi dariperspektif ini.
G.    KriteriaPenelitianEvaluasi Efektif
1.      ProgramEvaluasi Standar
Menurut Gall (2003: 553) komitebersama menyimpulkan bahwastudievaluasi yang baikmemenuhiempatkriteria penting: utilitas, kelayakan, kepatutan, dan akurasi.
1.      Utilitas: Sejauh manaevaluasiinformatif, tepat waktu, danberguna untukorang-orangyang terkena dampak.
a.       IdentifikasiStakeholder. Semuakelompokyang terkena dampakevaluasiharus diidentifikasi.
b.      Kredibilitas evaluator. Evaluatorharus kompetendan sanggup dipercaya.
c.       LingkupInformasi danseleksi.Informasi yangdikumpulkanharusberhubunganlangsungdenganpertanyaanevaluasi dankekhawatiranpemangku kepentingan.
d.      IdentifikasiNilai. Dasarevaluatoruntukmembuatpertimbangan nilaidarihasil yang diperolehharus dibentuk jelas.
e.       Kejelasan Laporan. Laporanpenilaiharuskomprehensifdanmudah dipahami.
f.       Ketepatan waktu laporandansosialisasi. Laporan evaluasi, termasuk laporaninterim, harusdisebarluaskankepada penggunapada waktu yang tepat.
g.      DampakEvaluasi. Evaluasiharus dilakukansehingga mendorongtindakan yang tepatolehstakeholder.
2.      Kelayakan: Sejauh manadesainevaluasiadalah (a) yang sesuaidenganpengaturandi manapenelitian ini dilakukandan(b) efektivitas biaya.
a.       ProsedurPraktis, prosedurevaluasiharus praktisdanminimalmengganggupeserta.
b.      kelangsungan hiduppolitik. Evaluatorharus mendapatkankerja sama darikelompok-kelompok kepentinganyang terkena dampakdan menjagasalah satu dari merekadarimenumbangkanproses evaluasi.
c.       Efektivitas biaya. Manfaatyang dihasilkan olehevaluasiharusmembenarkansumber daya yang digunakandi atasnya.
3.      Kepatutan: Sejauh manaevaluasidilakukansecara legaldanetis.
a.       Orientasi layanan. Evaluasiharus membantupemangku kepentinganmemenuhikebutuhan semuaklien merekadanlingkunganyang besar.
b.      perjanjianformal. Para pihakformal untukevaluasiharus menyatakankewajibandan kesepakatanmereka dalamkontrak tertulis.
c.       Haksubjek manusia. Hak dan kesejahteraanorangterlibat dalamevaluasiharus dilindungi.
d.      interaksimanusia. Evaluatorharusmenunjukkan rasa hormatdalam interaksi mereka denganorang-orang yangterlibat dalam penelitian ini.
e.       penilaian yang adil dan lengkap. Kekuatandan kelemahandarientitasyang sedang dievaluasiharus dieksplorasisepenuhnyadan adil.
f.       Pengungkapantemuan. Individu mengetahuihukumdengan baik danmereka yang terkena dampakhasilharus diberitahu tentanghasilevaluasi.
g.      Konflik kepentingan. Jikakonflik kepentinganmuncul, harus diperlakukansecara terbuka dan jujur.
h.      Tanggung jawabfiskal. Pengeluaransumber dayauntuk evaluasiharusberhati-hatidanbertanggung jawab secara etis.
4.      Akurasi: Sejauh manaevaluasimenghasilkaninformasi yang valid, sanggup diandalkan, dankomprehensif untukmembuat penilaianberharga dari program yangdievaluasiitu.
a.       DokumentasiProgram. Semuaaspekterkaitaspekprogram yang sedangdievaluasiharusdijelaskan secara rinci
b.      AnalisisKonteks. Aspekkonteksyang mempengaruhievaluasiharus dijelaskansecara rinci
c.       tujuandan prosedurharus diijelaskan. Tujuandan prosedurevaluasiituharusdijelaskan secara rinci.
d.      sumberinformasi. Sumberdata harusdijelaskan secara rincidan cukup bahwakecukupanmerekadapat dinilai.
e.       InformasiValid. Prosedurpengumpulan dataharus menghasilkaninterpretasiyang valid.
f.       Informasi yang sanggup dipercaya. Prosedurpengumpulan dataharus menghasilkantemuanyang sanggup diandalkan.
g.      Informasiyang sistematis. Dataevaluasi harusditinjaudan diperbaiki, jika perlu.
h.      Analisiskuantitatifinformasi. Analisisdata kuantitatifdalamstudi evaluasiharusmenyeluruh danharus menghasilkaninterpretasiyang jelas.
i.        Analisiskualitatif informasi. Analisis datakualitatif dalamstudievaluasiharus menghasilkaninterpretasiyang jelas.
j.        Justifikasi kesimpulan. Evaluatorharusmemberikanjustifikasiyang terang untukkesimpulan mereka.
k.      pelaporanyang netral. Laporan evaluasiharus bebasdaribias danperasaanpribadisalah satu dari merekayang terhubung keevaluasi.
l.        Metaevaluasi. Evaluasiharus dikenakanformatifdan evaluasisumatifmenggunakandaftarstandar ini.
2.      StandarEvaluasiPersonil
Komite Bersamajuga menghasilkanstandaryangdikembangkan untukevaluasidiripendidikan, yang disebut Evaluasi StandarPersonalia. Standarmelibatkanempat kriteriayang samayang ditetapkanuntukstandarevaluasi program. StandarEvaluasiPersoniltelah digunakanuntuk banyak sekali tujuantermasukmenilai kualitassistem evaluasibagi gurudanpengawas.
3.      StandarlainnyauntukEvaluasiPendidikan
Stufflebeamtelah mengembangkanseperangkatpedomanbaruyang komprehensifuntuk penggunaanevaluasiorganisasi pelayananpendidikan ataulainnya. Dokumenmerekomendasikan bahwaorganisasimelembagakansatu pendekatanuntuk program, klien, dan evaluasipersonil. Ini termasukdaftar periksamendefinisikan18persyaratansistem evaluasisuara danmenggambarkan10komponensistem evaluasiberfungsi penuh.
Menjelaskan penelitianeksperimentalyang melibatkanpercobaan terkontrol acaksebagai standartujuanuntuk mendirikanapa yang berhasilmemberikantiga langkahuntuk mengevaluasiintervensipendidikan. Rekomendasinyasaatsubyekkontroversidalam penelitianpendidikan, terutama di kalanganpeneliti kualitatif.
Sepertipenelitian pendidikan, evaluasi pendidikanmengambilbentuk yang beragam. Hal ini karenaevaluatordari waktu ke waktutelah mengembangkantujuan yang berbeda, filosofi, dan metodologiuntuk evaluasi. Perbedaan-perbedaan inisecara bertahapmenyebabkanpengembanganberbagai pendekatan untukpenelitian evaluasi. Bagianyang tersisadaribab inimenggambarkansejumlah pendekatankuantitatif dankualitatifpenting untukpenelitian evaluasi.
H.      Pendekatankuantitatif untukEvaluasi
Pendekatankuantitatifyang dijelaskan terutamamengandalkan metodepositivisdalaminquiry. Merekamenekankantujuan pengukuran, sampel yang representatif, kontrol eksperimental, dan penggunaanteknik statistikuntuk menganalisisdata.
1. EvaluasiIndividu
Evaluasiterutamamelibatkanpenilaianperbedaan individudalam kecerdasansiswa danprestasi sekolah. Hasil tesyangdigunakan untukmenetapkannilaidanuntuk memilihsiswa menjaditrek yang berbedakemampuan, layanan khusus, atau programpendidikan lanjutan.Sepertidalam penilaiansiswa, evaluasipribadiberfokus padapengukuranperbedaan individu, dan penilaianyang dibuatdengan membandingkanindividudengankriteria atauseperangkat norma.
2. Tujuan-BerdasarkanEvaluasi
Menganalisis suatu tujuan dari hasil penilaian yang telah dilakukan. Jika Anda berencana mempelajari prestasi siswa dari tujuan instruksional. Salah satu keprihatinan utama Anda bakal menjadi pengukuran tujuan tersebut. Untuk memudahkan pengukuran, bakal sangat membantu untuk tujuan  dalam hal perilaku, yang berarti bahwa hasil kegiatan dinyatakan sebagai sikap yang siapa pun, termasuk evaluator, sanggup mengamati dalam penerima program. Jenis obyektif, biasa disebut tujuan perilaku, biasanya memiliki tiga komponen: pernyataan objektif yang diamati, hasil perilaku; kriteria keberhasilan kinerja perilaku; dan konteks situasional di mana sikap yang bakal dilakukan.
Masalahlain dalamtujuan evaluasiberbasistujuan. Evaluatorsering mengandalkanpengembangprogramatauspesialismateri pelajaranuntuk membuatkeputusan ini. MichaelScriven, beropini bahwa evaluatortidakharus mengetahuitujuan programdi muka,karena merekamungkin menjadimemiliholeh merekadan dengan demikianlebihterlihatefek laindari kegiatan ini, efek sampingmerugikan. Scrivenmenyarankan bahwauntuk menghindarimasalah ini, evaluatorharusmelakukan penelitianuntuk mengetahui pengaruhsebenarnya dariprogramdalam operasi, yang mungkinsangat berbedadaritujuanprogrampengembangmenyatakan. Strategi iniuntuk evaluasitelah tiba untukdikenalsebagai tujuanevaluasi gratis.
a.       Penilaian Kebutuhan
Dalampenelitian evaluasikebutuhandapat didefinisikansebagaiperbedaan antarasetadakondisidan satu setyang diinginkankondisi. Misalnya,seorang pendidikmembuatpernyataan, "Kita perlu lebih menekankanpada pengembangankompetensi siswaSDdalam ilmu pengetahuan. "Pendidik mengatakanberlakubahwa adaperbedaan antarakurikulumilmu pengetahuan yang adadankurikulumyang diinginkan, sebagaimana dibuktikanoleh masalahdalam belajarkonsepsains. Pernyataankebutuhanmencerminkanpenilaiantentangmanfaatkurikulum sekarang. Juga, perhatikan bahwapenilaiankebutuhan inimemberikan dasaruntukmenetapkan tujuanuntukkurikulumatauprogram pembangunan. Karenamenjadimempertimbangkanpenilaian kebutuhanyang akandisampaikanerat dengantujuanmodelberbasisevaluasi. Kamimemperlakukannyasebagaipendekatan kuantitatif. Namunpenilaian kebutuhankualitatifjugadilakukandalam pendidikan.
b.      ContohPenilaianKebutuhan
Metode penelitian kuantitatifmemungkinkan para penelitiuntuk mengukur sejauh manayang sempurna dariperbedaan antaranegara yang adadankeadaan yang diinginkan. Sebuah pola daripenilaian kebutuhankuantitatifadalahpenelitian yang dilakukan olehThomasPierce, DeborahDeutschSmith, danJaneClarke. Tujuan daristudi merekaadalahuntuk memperbaruidan memperluasbasisdata yang adadalam pasokandan permintaanpendidikan khususlulusandoktoruntukmengisiposisistaf pengajar dilembagapendidikan tinggi(IHES) di Amerika Serikat. Perbedaan antarajumlah dan jenismencetak tenagadoktoryang tersedia danjumlahposisifakultasyang tersediadipandangsebagai ukurankebutuhan tenagakepemimpinan dalampendidikan khusus.
3.      Context-input-proses-Produk (CIPP)
Menurut Gall (2003: 560) pendekatan penilaian yang telah dijelaskan sebelumnya dirancang untuk memberikan cakupan penilaian program, yang berarti bahwaevaluatorberfungsi sebagaipengambil keputusanutamadalam menentukansecara spesifikapayang akandievaluasidan bagaimanamengevaluasinya. Dalampendekatan lain untukmengevaluasi, evaluatorbekerja lebiherat denganstafprogramatau programyang sedang berlangsungdalam pengembangan.Mereka biasanyamenjaditertarik pada bagaimanamerekadapatberkontribusi padaprosesmanajemen programdan pengembangan program. Evaluatorseringmengumpulkan datauntuk membantupimpinan programmembuat keputusan penting.
Menurut Gall (2003: 560) modelCIPPdirumuskanolehDanielStufflebeamdan rekan-rekannyauntuk memperlihatkan bagaimanaevaluasidapatberkontribusi padaproses pengambilan keputusandalam programmanagement. CIPPadalah singkatanuntukempat jenisfenomenayang biasanyadievaluasioleh penggunamodel evaluasiini: Konteks,input,Process, danProduct. Setiap jeniskejadianmelibatkansatu setyang berbedadarikeputusan yang dibuatdalam perencanaan danpengoperasianevaluasi. Setiap jenisevaluasimembutuhkantiga tugasyang luasyang bakal dilakukan: menggambarkanjenisinformasi yang diperlukanuntuk pengambilan keputusan, memperolehinformasi, dansintesisinformasisehinggabergunadalam menciptakan keputusan. Pada penggalan pertama dan ketiga(delinasi dansintesis) harus dilakukansebagaiupaya kerja sama antaraevaluatordanpengambil keputusan. Langkah kedua, memperolehinformasi, merupakan kegiatanteknis yangdapat didelegasikanterutama untukevaluator.
a.       Konteks penilaian melibatkanidentifikasi masalahdan kebutuhanyang terjadidalam pengaturanpendidikan khusus, yangmemberikan dasarpenting untukmengembangkan tujuandariprestasihasil dalampeningkatan program.
b.      Input penilaian melibatkanpengumpulan informasiuntuk menciptakan penilaian tentangsumber daya danstrategi yang diharapkan untukmencapai tujuandansasaran kegiatan danuntuk ditetapkan banyak sekali kendala, seperti apakahsumber daya tertentutidak tersediaatau terlalumahal. Hal ini jugamelibatkanmenentukanseberapa baikstrategi tertentuuntuk mencapaitujuan program, apakahstrategitertentusecara hukumataumoraldapat diterima, dancara terbaik untuk memanfaatkanpersonelsebagai sumber daya. Input evaluasimembutuhkanevaluatoruntuk memilikiberbagai pengetahuantentang kemungkinansumber daya danstrategi, sertapengetahuanpenelitian tentangkeevektifandalam mencapaiberbagai jenishasil program.
c.       Proses Evaluasimelibatkanpengumpulan dataevaluatifuntuk memantauprogramdalam kegiatannnya. Sebagai contoh, kegiatan catatan kehadiran guru menghadiri kegiatan pelatihanberdasarkan partisipasisukarela. Jikadata kehadiranmengungkapkanpenyimpangan dariapa yangdiantisipasi(contohnya, penurunanhadirgurudisesi pelatihandari waktu ke waktu), pengambil keputusandapatmengambil tindakanberdasarkandata. Tanpa sistempencatatantersebut, program inimungkinmemburuksebelumpengambil keputusanmenyadarimasalahoperasional. Manfaat lain dariproses evaluasiadalah untukmenyimpan catatanperistiwa selama kegiatan berlangsung. Catatan inimungkinbergunadi kemudian haridalam mendeteksikekuatan dan kelemahanprogramyang menjelaskanhasilyangdiamati.
d.      Produk evaluasimelibatkanpenentuansejauh manatujuan dariprogram telah dicapai. Dalam jenisevaluasi, langkah-langkahtujuanyangdikembangkan dandikelola, dan datayang dihasilkandigunakan untuk membuatkeputusan tentangmelanjutkanataumemodifikasiprogram.
ModelCIPPmenggabungkanunsur-unsurtujuanberbasisevaluasi danpenilaian kebutuhan, yangdijelaskan sebelumnya. Hal ini jugamenyerupai penilaian formaif dan evaluasisumatif, yangdijelaskan dalampenelitian dan pengembangan (RND). ModelCIPPdibedakan dengankelengkapannya, faktabahwa itu adalahproses yang berkelanjutan, dan tujuannyamembimbingprosespengambilan keputusandalam pengelolaan program. Meskipundigunakan terutamadalam penelitianevaluasi kuantitatif, sanggup disesuaikanuntuk penelitianevaluasidari perspektifkualitatif.
I.     Pendekatankualitatif untukEvaluasi
Menurut Gall (2003: 562) pendekatan yang dijelaskan di atas kurang sanggup diterapkan dalam menangani aspek penting dalam evaluasi.Pendekatan berbasis tujuan, contohnya, cenderung untuk mengambiltujuanprogramatauefekdiamati sebagaikodrat. Merekatidak memperlihatkan banyakbimbinganmengapatujuantertentudinilaiatau mengapastakeholdertertentusetuju atautidak setujupada nilaitujuantertentu.
Politik penilaian tidak memberikanperhatian seriuspada sebagian pendekatan kuantitatif. Berbagai kelompokdengankepentingan dalamhasilstudievaluasidapatmencobaproses evaluasi. Sebagaievaluator, harusmenolakpengaruh-pengaruhpolitik ataumencobauntuk memasukkan merekake dalam desainstudievaluasi. Masalah lain yakni bahwaevaluasidapatlebih berbahaya dalam kondisi tertentu, seperti disebutkandi atas, kebanyakan orangtidak sukadievaluasi, sehinggaproses evaluasiitu sendiri mungkinmenghambatkinerjauntuk dinilai. Bagaimanaevaluatordapat bekerjadengan kliensehinggaevaluasimenghasilkanbanyak keuntungandankerugian? Penelititelah mengembangkanpendekatan evaluasiyang sangat bergantung pada pendekatan penelitiankualitatif.
Pendekatankualitatifdidasarkanpada perkiraan bahwanilai darisebuahprogram pendidikansangat bergantung padanilai-nilaidan perspektifmereka yang melakukanpenilaian. Kedepanpemilihanindividu dan kelompokuntuk terlibat dalamevaluasisangat penting. Dalamkeprihatinan mereka terhadapmenangkapperspektifemic, peneliti kualitatifmemberikan pemfokusan khusus padapemeriksaanpersepsistakeholder. Sebagai contoh, misalkanseorang penelitievaluasikualitatiftelahmelakukan studidarikebutuhan pendidikan khusus, sepertiPiercedan rekan-rekannyamelakukanstudikuantitatif. Kemungkinan besarpenelitiiniakanmenggunakanmetode yang lebihterbukauntuk bertanya tentangkualifikasiyang diinginkanorang dalampendidikan khusus, penelitimungkinjugaberusaha untuk memeriksakebutuhanseperti yang dirasakan olehkelompoktersebutstake-holdersebagaianggota, mahasiswa pendidikan khusus, para gurupendidikan khusus, atau keluargamenerima layanansekolahpendidikan khusus. Pendekatankualitatif untukevaluasidijelaskanberikutnyasemuamenekankan pentingnyapertambanganperspektifsemua kelompok pemangku kepentinganyang relevansehubungan denganprogram ataufenomenayang dievaluasi. Dalam prosesnya, merekamemanfaatkan berbagai metode pengumpulan data, denganpenekanan padametodepengumpulan datakualitatifyang dijelaskan dalam baagian sebelumnya.
1.       Evaluasi Responsive
RobertStakememeloporipendekatankualitatif untukevaluasi pendidikan. "Pendekatannya,disebutevaluasiresponsif, berfokus padamengatasimasalahdan isu-isustakeholder. Kekhawatiranadalahsegala haltentangdimana para pemangku kepentinganmerasa terancam, ataumengklaim bahwamereka inginmembuktikan. Masalahadalahtitik pertentanganantara para pemangku kepentingan, dan isu-isuKekhawatiranmemberikan fokusyang lebih luasuntuk evaluasidarimelakukanperilaku yang menjadi fokus utama daribeberapa pendekatankuantitatif untukevaluasi.
a.       ContohEvaluasi Responsive
EgonGubadanLincolnYvonnamengidentifikasiempat faseutama yangterjadi dalamevaluasi responsive: (1) memulaidan mengaturevaluasi, (2) mengidentifikasiisu-isu kuncidankekhawatiran, (3) mengumpulkaninformasi yang berguna, dan(4 )hasilpelaporansecara efektifdan membuatrekomendasi. Mereka menggambarkanevaluasiresponsifdaristrukturtata kelolasistemsekolah tertentu. Fokusevaluasiadalah apakahstruktur sistem kelola sekolahiniterbuka untukmasukan dari berbagaikelompok pemangku kepentingandalam membangunkebijakan sekolah. Selamatahap pertama, para pemangku kepentingandiidentifikasi. Merekatermasuk anggotadewansekolah, administrator sekolah, guru sekolah, siswa dan orang tuamereka, stafpemerintahandarikotadi manasistem sekolahterletak, dan anggotaberpengaruhdarimasyarakat. Selama faseini, GubadanLincolnmerekomendasikanbahwaevaluatordan klienbernegosiasikontrakevaluasiyang menentukanhal-hal sepertiidentifikasi entitas yang bakal dievaluasi, tujuan evaluasi, hak terusan untuk merekam, dan jaminan kerahasiaan dan anonimitas. Selama tahap kedua, beberapa isu kunci dan kekhawatiran diidentifikasi melalui wawancara dengan para pemangku kepentingan.
Masalah-masalah utama termasuk apakah perumusan kebijakan sekolah harus terpusat atau desentralisasi, apakah kebijakan harus dirumuskan oleh para profesional atau oleh kelompok awam, dan apakah dewan sekolah harus dipilih atau ditunjuk. Kekhawatiran termasuk persepsi di luar warga pengambilan keputusan (contohnya, dewan sekolah dituduh telah dieliminasi kegiatan pendidikan seni meski ditentang orangtua), dan arogansi kekuasaan oleh elit kecil (contohnya, anggota staf sekolah menyampaikan bahwa mereka merasa memiliki sedikit kepentingan dalam urusan sekolah). Masalah dan kekhawatiran tersebut mengekspresikan nilai-nilai yang mendasari perbedaan dari para pemangku kepentingan yang berbeda. Sebagai contoh, beberapa-tetapi tidak berarti semua-pihak yang ditemukan untuk menempatkan nilai besar pada kurikulum berkualitas tinggi, proses pengambilan keputusan rasional, kesetaraan perwakilan dalam pengambilan keputusan, dan akuntabilitas.
Pada tahap ketiga, evaluator mengumpulkan informasi lebih lanjut perihal isu-isu, perhatian, dan nilai-nilai yang diidentifikasi oleh para pemangku kepentingan. Mereka juga mengumpulkan deskripsi informasi perihal entitas yang dievaluasi (struktur tata kelola sistem sekolah) dan perihal standar yang bakal dipakai dalam menciptakan penilaian perihal entitas ini. Informasi tersebut sanggup dikumpulkan melalui banyak sekali metode, termasuk observasi naturalistik, wawancara, kuesioner, dan tes standar. Misalnya, dalam penilaian struktur organisasi sekolah, beberapa pihak khawatir bahwa dewan sekolah telah membuang kegiatan pendidikan seni dasar meskipun ada penentangan orangtua.
b.      Desain yang Muncul
Berbeda dengan jenis penelitian penilaian yang dijelaskan di atas, evaluator melaksanakan penilaian responsive tidak menentukan desain penelitian pada awal pekerjaan mereka. Sebaliknya, evaluator responsive memakai desain yang muncul, yang berarti bahwa desain dari perubahan penelitian sebagai evaluator mendapatkan wawasan gres ke dalam persoalan dan isu-isu pemangku kepentingan. Sebagai contoh, Kuba dan Lincoln menggambarkan teknik sampling muncul sebagai perbandingan desain penelitian tradisional:Sampling hampir tidak pernah mewakili atau acak tetapi purposive, dimaksudkan untuk mengeksploitasi kemampaun pandangan dan perspektif gres semaksimal mungkin. Sampling berhenti ketika informasi menjadi berlebihan daripada subyek yang representatif sampel.
2.       Generasi Keempat Evaluasi
Karena buku mereka pada penilaian responsif muncul, Guba dan Lincoln melanjutkan konsep pendekatan mereka untuk penilaian dan menamainya generasi keempat evaluation. Langkah penilaian generasi keempat ditunjukkan pada Gambar 1.1. Menurut Guba dan Lincoln, langkah-langkah ini tidak selalu linear: Sebaliknya, grafik memperlihatkan kemajuan hanya secara umum; itu yakni masalah yang sering kembalidan sebagainya, kadang-kadang  melompat melalui beberapa langkah, tidak hanya mungkin tetapi diinginkan. Anda bakal mencatat bahwa grafik mengacu pada bulat hermeneutik sebagai penggalan dari proses evaluasi. Hermeneutika merupakan penelitian kualitatif tradisi yang kita dijelaskan sebelumnya. Sebuah bulat hermeneutik yakni proses interpretasi yang melibatkan menafsirkan arti dari setiap penggalan dari teks dan teks secara keseluruhan.
Penafsiran teks secara keseluruhan membantu interpretasi penggalan dan sebaliknya. Dalam konteks yakni penilaian responsif, teks bakal semua materi dan data yang telah dikumpulkan sebagai penggalan dari studi evaluasi. Evaluasi responsif dan penilaian generasi keempat merupakan perkembangan penting dalam penilaian pendidikan.
Tabel generasi keempat Evaluasi
 




























3.       Model kuasi-Legal Evaluasi
Menurut Gall (2003: 566) Evaluasi kuasi dan penilaian peradilan dua pendekatan untuk penilaian yang menggandakan mekanisme yang berasal dari bidang hukum.
a.       Evaluasi kuasi
Evaluasi kuasi dibedakan dengan memakai bermacam-macam data; sidang testimony; dan, yang paling penting, pendekatan permusuhan, yang berarti bahwa kedua belah pihak pra  penilaian positif dan negatif yang dikirim, masing-masing, perihal kegiatan yang sedang dievaluasi. Berikut ini yakni empat tahap penilaian kuasi: (1) menghasilkan banyak sekali isu-isu perihal kegiatan dengan survei banyak sekali pemangku kepentingan; (2) mereduce jumlah penggugat, contohnya, melalui peringkat prioritas oleh sekelompok rekuasi; (3) pembentukan dua tim penilaian yang berkuasian, yang masing-masing mempersiapkan argumen baik dalammendukungatau bertentangan denganprogram padasetiap masalah; dan(4) melakukansesiprasidang dansidangformal,di manatimpermusuhanmenyajikankasusmereka sebelummereka yang harusmembuat keputusantentang program.
Evaluasikuasidigunakanoleh NationalInstitute ofEducationuntuk mengevaluasikompetensiprogram pengujianpada saatadakontroversitentang bentuktesting. Dua timberpendapatmanfaatprogramini sebelumpetugasmendapat temuan,  penengahperselisihankualifikasisaksi dankemampuankesaksian. Evaluasikuasi telahterbukti bergunadalam mengungkapkekuatan dan kelemahanprogramdanmengajukan pertanyaan-pertanyaanyangharus dijawab. Namun, evaluatorjuga menemukanbahwa evaluasikuasi sanggup bias jikalau pembuat argumen dari kedua belah tidak memiliki kemampuan yang sama. Beberapaevaluatortelah memodifikasiunsur-unsurmodeluntuk menanganiproblems. Namun, masalah laindengan pendekatan inidibangunke dalam desainevaluasi, dan karenanyatidakmudahdiubah. Jenis penilaian ini jarang ditemukan dalam penelitian pendidikan.
b.      LegalEvaluasi
Model evaluasiperadilanmensimulasikanpenggunaanprosedur hukumuntuktujuan mempromosikanpemahaman yang luas dariprogram, menjelaskansifathalus dan kompleksmasalahpendidikanyang ditimbulkan, dan menghasilkanrekomendasidan pedomankebijakan yang mengarah ke pertumbuhan kelembagaan dan / atau meningkatkan practice. mirip penilaian kuasi, model penilaian peradilan tidak melibatkan perdebatan antara dua tim evaluasi, dengan kemenangan atau persuasi hasil yang diinginkan.
Dalam penilaian peradilan, presentasi publik data dibuat, mengikuti format sidang di pengadilan. Sebuah panel yang terdiri dari para pembuat kebijakan, warga, dan pemangku kepentingan lainnya dihadirkan untuk mendengar bukti. Presenter masalah memanggil saksi yang memberikan pandangan mereka untuk menciptakan masalah relatif terhadap suatu masalah, Semua saksi sanggup dikenakan dua tahap investigasi eksklusif dan investigasi silang oleh dua presenter kasus. Seperti dalam pengadilan hukum, pembukaan dan penutupan argumen disajikan. Setelah semua bukti yang disajikan,  panel sengaja menciptakan rekomendasi.
Evaluasi Legal telah terbukti memiliki kegunaan dalam kedua penilaian formatif dan sumatif kegiatan pendidikan. Sementara penilaian peradilan penuh cenderung mahal dan memakan waktu, mekanisme sanggup diperkecil tanpa menghilangkan kealamihan huku.
4.       Evaluasi Berbasis Keahlian
Penggunaan mahir untuk menciptakan penilaian perihal nilai dari kegiatan pendidikan yakni metode yang banyak dipakai dalam evaluasi, disebut penilaian berbasis keahlian. Contoh, sebagian besar kegiatan kelembagaan ditinjau secara terencana oleh dewan pengakuan terdiri dari individu dengan pengetahuan yang cukup dan pengalaman profesional dengan fenomena dengan forum mana yang bersangkutan.  Jika kta melaksanakan tesis atau disertasi, kualitasnya bakal dinilai oleh panel profesor yang berada dalam kiprah yang sama, alasannya yakni keahlian yang mereka miliki.
Evaluasi berbasis keahlian telah mengambil bentuk gres dengan pertumbuhan yang cepat dalam penggunaan tradisi penelitian kualitatif dalam pendidikan. Antropologi Pendidikan, contohnya, sanggup memakai metode penelitian kualitatif etnografi untuk mengevaluasi, serta untuk menggambarkan, fenomena yang menarik perhatian mereka.


a.       Pendidikan keahlian dan Kritik
Bentuk spesifik evaluasi-keahlian berbasis connoisseurship pendidikan dan kritik, yang dikembangkan oleh Elliott Eisner, seorang pendidik.  Pendekatan ini melibatkan dua aspek: keahlian dan kritik.
1)      Aspek pertama,  keahlian, yakni proses menghargai  kualitas dari kegiatan pendidikan dan artinya. Untuk melaksanakan kiprah ini dengan baik, mahir harus memiliki pengetahuan  kegiatan yang sedang dievaluasi serta kegiatan lain yang relevan. keahlian ini mirip dengan kritikus seni yang memiliki apresiasi khusus dari sebuah karya seni alasannya yakni studi intensif karya terkait seni dan teori seni. Pelaku pendidikan bakal menyadari nuansa lebih dari kegiatan pendidikan daripada  pendidik pemula atau awam.
2)      Aspek kedua, kritik pendidikan, yakni proses menggambarkan dan penilaian apa yang telah dihargai.Kualitas keahlian pendidikan dan kritik sangat bergantung pada keahlian dari evaluator. Kondisi ini juga merupakan fitur yang menonjol dari pendekatan kualitatif  lain untuk penilaian yang dijelaskan di atas. Kritik pendidikan berbeda dari penilaian responsif dan pendekatan kuasi aturan untuk evaluasi.  namun, dalam hal ini cenderung menjadi perjuangan bersama dan pertanyaan-pertanyaan yang memotivasi penyelidikan biasanya ditetapkan oleh evaluator sendiri daripada bersama dengan para pemangku kepentingan.
b.      Contoh Evaluasi Berbasis Keahlian
Gail McCutcheon memakai metode keahlian pendidikan dan kritik dalam studi masalah kelas empat. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk menjawab beberapa pertanyaan perihal kelas: Apa yang terjadi di sini? Apakah layak dilakukan? Apakah itu dilakukan dengan baik? Apa bawah umur cenderung untuk berguru sebagai hasilnya? Perhatikan bahwa beberapa pertanyaan meminta deskripsi, dan beberapa hal untuk evaluasi.McCutcheon melaksanakan enam minggu kerja lapangan di kelas guru, pengumpulan data dengan cara observasi, rekaman video, wawancara, dan investigasi pekerjaan siswa.
Deskripsi  penggalan dari laporannya memakai gaya sastra untuk menangkap kualitas tertentu dari guru kelas. Kemudian penggalan laporan ini yakni evaluatif, mirip yang digambarkan oleh komentar berikut:
(1) Dalam pelajaran ini, maka, bawah umur memiliki kesempatan untuk berguru banyak hal-hal perihal tata surya, konstruksi, visual pemecahan masalah, pengendalian diri, dan interaksi sosial. Kita mungkin bertanya-tanya, meskipun, tanggung jawab untuk pengambilan keputusan, perencanaan sosial, dan pengendalian diri yakni pelajaran berharga ... tidak bawah umur berguru tanggung jawab ini pula-di rumah, masyarakat, dan sekolah tanpa begitu banyak pemfokusan ditempatkan atas mereka.
(2) Ketika sekolah dipandang sebagai penggalan integral dari kehidupan anak-anak, bawah umur mungkin lebih cenderung untuk menerapkan pembelajaran sekolah dan mempertimbangkan melaksanakan hal-hal schoollike di rumah. Sebuah kehidupan yang lebih terpadu sanggup menciptakan sekolah tampak lebih relevan. Semakin sedikit formal pengaturan kelas ini dan Mr Clement mengakui adanya kepentingan pribadi bawah umur sanggup bekerja menuju akhir.
Perhatikan bahwa komentar evaluatif pertama sangat penting, sedangkan yang kedua yakni tidak. Evaluator harus sensitif terhadap kekuatan dan kelemahan kegiatan yang dievaluasi.Penelitian ini menggambarkan bagaimana keahlian pendidikan dan kritik sanggup menerangi alam dan nilai program, kode kelas empat cara yang bakal sulit untuk dicapai dengan memakai metode penilaian kuantitatif. Menurut Guba dan Lincoln, pendekatan untuk penilaian pendidikan yakni model pertama untuk memecahkan  paradigma.
5.       Evaluasi pemberdayaan
Menurut Gall (2003: 588) penilaian pemberdayaan yakni bentuk terbaru dari penilaian di mana masyarakat memakai penilaian diri dan refleksi untuk meningkatkan program. Komunitas melaksanakan evaluation mereka sendiri, dengan evaluator eksternal bertindak sebagai instruktur dan fasilitator. Berbagai alat teknologi yang dipakai untuk memfasilitasi komunikasi, pengumpulan data, dan analisis.
a.       Pendekatan ini memakai prinsip:(1) perbaikan, (2) kepemilikan masyarakat, (3) inklusi, (4) demografikoleh:Partisipasi demokratis, (5) keadilan sosial, (6) pengetahuan masyarakat, (7) seni administrasi berbasis bukti, (8) pengembangan kapasitas, (9) pembelajaran organisasi, dan (10) akuntabel.
Proses penilaian meliputi tiga langkah kunci:
1)      Menetapkan misi atau visi masyarakat, dengan evaluator menjabat sebagai instruktur atau menjadi orang yang berpikiran kritis.
2)      Mengambil peranan, yang melibatkan penilaian atas dasar masyarakat, atau di mana dalam upayanya.
3)      Perencanaan untuk masa depan, yang melibatkan pengembangan tujuan, strategi, dan evidence.
Metode penilaian tradisional, mirip wawancara dan survei, dipakai siklus untuk menguji apakah seni administrasi bekerja dan memungkinkan masyarakat untuk menciptakan perbaikan di tengah jalan. Untuk mengukur pertumbuhan atau berubah seiring waktu, komunitas kemudian melaksanakan penilaian kegiatan lain dan membandingkan temuan pada penilaian dasar awal.
b.      Contoh Evaluasi Pemberdayaan
Melalui Program Desa Digital sebuah perusahaan komputer yang disediakan technology. untuk membantu tiga komunitas "di kesenjangan digital." Video conference memungkinkan orang di lokasi terpencil dari reservasi Indian Amerika untuk berpartisipasi dalam membangun misi, mengambil saham, dan penentuan prioritas, dan itu sendiri mewakili dokumentasi dari pencapaian kelompok. Di situs lain foto digital yang dipakai untuk mendokumentasikan persoalan dengan disiplin siswa di sekolah-sekolah dan untuk memperlihatkan dampak positif mendistribusikan komputer laptop untuk siswa dan guru.
J.       Model Lain evaluasi
1.      Model Evaluasi UCLA
Tayibnapis (1989: 11) Alkin (1969) menulis perihal kerangka kerja penilaian yang hampir sama dengan model CIPP. Alkin mendefinisikan penilaian sebagai suatu proses meyakinkan keputusan, menentukan informasi yang tepat, mengumpulkan dan menganalisis informasi sehingga sanggup melaporkan ringkasan data yang memiliki kegunaan bagi pembuat keputusan dan menentukan beberapa alternatif. Alkin mengemukakan lima macam penilaian yaitu:  System assessment, yang memberikan informasi perihal keadaan atau posisi sistem (Tayibnapis. 1989: 11). Mbulu (1994/1995: 83) system assessment,berfungsi memberikan informasi mengenai keadaan atau profil program. Program plannin, membantu pemilihan kegiatan tertentu yang mungkin bakal berhasil memenuhi kebutuhan kegiatan (Tayibnapis. 1989: 11). Program implementation, yang menyiapkan informasi apakah kegiatan sudah diperkenalkan kepada kelompok tertentu yang sempurna mirip yang direncanakan? (Tayibnapis. 1989: 11). Program improvement, yang memberikan informasi perihal bagaimana kegiatan berfungsi, bagaimana kegiatan bekerja, atau berjalan? Apakah menuju pencapaian tujuan, adakah hal-hal atau masalah-masalah gres yang muncul tak terduga (Tayibnapis. 1989: 11). Mbulu (1994/1995: 83)  program improvement, berfungsi memberikan informasi perihal bagaimana kegiatan tersebut bermanfaat dan bagaimana kegiatan sanggup dilaksanakan.  Program certification, yang memberi informasi perihal nilai atau guna program(Tayibnapis. 1989: 11).
2.      Model penilaian Brinkerhoff
Model ini dikembangkan oleh Brinkerhoff dan kawan-kawan, dengan mengemukakan tiga jenis desain yaitu (dalam Dwiyogo, 2006: 54):
1) Fixed vs Emergant evaluation design. Desain fixed ditentukan dan direncanakan secara sistematis dan desainnya dikembangkan dengan mengacu pada tujuan program. Rencana analisis dibentuk sebelumnya dimana si pemakai bakal mendapatkan informasi mirip yang telah ditentukan dalam tujuan. Strategi pengumpulan informasi dalam desain ini memakai tes,angket, lembar wawancara.Berbedadengandesain fixed, desain emergent dibuat dengan maksud menangkap fenomenayang sedang berlangsung yang besar lengan berkuasa terhadap kegiatan mirip masukan-masukan baru. Pada prinsipnya desain ini terus berkembang sesuai dengan kondisi dan sanggup berubah sesuai dengan kebutuhan. 2) Formatif vs Summative evaluation.Evaluasi formatif dipakai untuk memperoleh data bagi keperluan revisi program, sedangkan penilaian sumatif dibentuk untuk menilai kegunaan suatu program. Pada penilaian sumatif fokus penilaian ditujukan pada variabel-variabel yang dipandang penting dan berkaitan dengan kebutuhan pengambilan keputusan. 3) Desain eksperimental dan Quasi eksperimental vs Natural inquiry. Desain eksperimental, quasi eksperimental dan natural inquiry desain merupakan hasil adopsi dari disiplin penelitian. Desain eksperimental dan quasi eksperimental dipakai untuk menilai suatu kegiatan yang gres diujicobakan. Sedangkan natural inquiry dilakukan dengan cara evaluator terlibat eksklusif dengan sumber-sumber informasi serta kegiatan yang dilaksanakannya.
3.  Evaluasi Stake
Model ini dikembangkan oleh Stake (1967), analisis proses penilaian yang dikemukakannya membawa dampak yang cukup besar dalam bidang ini dan meletakkan dasar yang sederhana namun merupakan konsep yang cukup kuat untuk perkembangan yang lebih jauh dalam bidang evaluasi. Stake menekankan adanya dua dasar kegiatan dalam penilaian ialah Descriptions dan judgement dan membedakan adanya tiga tahap dalam kegiatan pendidikan yaitu: Antecedents (context), transaction (process), dan Outcomes (output) (Tayibnapis. 1989: 11).
Mbulu (1994/1995: 74-75): Tahappendahuluan (antecedents) menyangkut kondisi yang terlebih dahulu ada hingga pada ketika dilakukan kode yang dihubungkan dengan hasil yang dicapai. Tahap transaksi (transactions) menyangkut proses dilakukannya kode dan hasil yang diperoleh yakni alasannya yakni imbas dari proses tersebut. Tahap outcomes menyangkut hasil yang dicapai sesudah kegiatan diimplementasikan serta untuk menentukan langkah kerja selanjutnya.
Penekanan yang umum atau hal yang penting dalam model ini ialah bahwa evaluator yang menciptakan penilaian perihal kegiatan yang dievaluasi. Stake menyampaikan bahwa description di satu pihak berbeda dengan judgement atau menilai. Dalam model ini, antecedents (masukan), transaction (proses) dan outcomes (hasil) data dibandingkan tidak hanya untuk menentukan apakah ada perbedaan tujuan dengan keadaan sebenarnya, tetapi juga dibandingkan dengan standar yang absolut, untuk menilai manfaat kegiatan (Tayibnapis,1989:16-17).





















DAFTAR PUSTAKA

Gall, M.D., Gall, J.P. and Borg, W.R. (2003). Educational Research: An Intoduction. New York: Pearson Education Inc.
Edison. 2009. Penelitian dan Evaluasi Dalam Bidang Pendidikan:Evaluasi CIPP,
Mbulu, J. 1995. Evaluasi Program Konsep Dasar, Pendekatan Model, dan Prosedur Pelaksanaan. Malang: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Malang Proyek Operasi dan Perawatan Fasilitas.
Tayipnapis, F.Y. 1989. Evaluasi Program. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.



0 Response to "Penelitian Penilaian"

Total Pageviews