Latest News

Soal Latihan Usbn Ips Smp Tahun 2018/2019 Kurikulum 2006 (Ktsp)

Latihan Soal USBN IPS Sekolah Menengah Pertama Tahun 2018/2019
(Kurikulum 2006 / KTSP)


Berikut Contoh Soal Latihan USBN IPS Sekolah Menengah Pertama tahun 2018/2019 kurikulum 2006 (KTSP). Desain soal latihan ini sebagai hasil training menciptakan soal Online melalui Blogspot. Mudah-mudahan bisa dipakai untuk sekedar memperlihatkan persiapan berlatih mempelajari soal USBN IPS SMP 2018/2019 (Kurikulum 2006 / KTSP) ala games.



DILARANG MENGCOPY

Petunjuk: Klik pada bulatan di depan pilihan balasan yang berdasarkan anda benar..!!

(1) Waktu tes tulis selama 120 menit;
(2) Pilihlah salah satu balasan yang dianggap paling benar (masing-masing soal mempunyai bobot 1);
(3) Pemeriksaan hasil tes tulis dilakukan melalui sistem komputerisasi; Ketepatan balasan sanggup dilihat pribadi pada notifikasi. Selamat mencoba. 



1. Permukaan bumi yang bermacam-macam dibuat oleh dua kekuatan, yaitu tenaga...
A. induktif dan feduktif
B. dalam dan luar
C. endogen dan eksogen
D. tektonik dan vulkanik


2. Pola permukiman penduduk berada di sebelah kanan kiri jalan yaitu ....
A. pola memanjang mengikuti aliran sungai
B. pola memanjang mengikuti jalan raya
C. pola memanjang mengikuti jalan kereta api
D. pola memanjang sejajar garis pantai


3. Perhatikan gambar di bawah ini !

   Yang diberi tanda X adalah
A. Sinklinal
B.  Antiklinal
C. Lipatan
D. Lembah


4. Pak Agus berangkat dari Ambon menuju Jakarta memakai pesawat terbang. Jika Pak Agus berangkat dari Ambon pukul 14.30 WIT dan usang perjalanan yang ditempuh selama 2,5 jam. Maka pak Agus  akan datang di Jakarta pada pukul ….
A. 15.00 WIB 
B. 16.30 WIB
C. 17.00 WIT)
D. 12.30 WIT

5. Berikut ini upaya penanggulangan pengikisan didaerah pertanian yang miring yaitu dengan cara ….
A. penanaman kembali
B. membuat tanggul-tanggul
C. pertanian terasering
D. pertanian jenis tumbuhan pendek

6. Perhatikan nama-nama tokoh penjelajahan samudera berikut !
1)      Vasco de Gama
2)      Ferdinand Magelhaens
3)      Bartholomeuz Diaz
4)      Alfonso d’Alberquerque
5)      Cornelis de Houtman
6)      Sir Francis Drake

Tokoh-tokoh penjelajah samudera yang berasal dari negara Portugis adalah....
A. 1,2, dan 3
B. 1,3, dan 4
C. 2,4, dan 6
D. 4,5, dan 6


7. Salah satu hasil  kebudayaan zaman  watu muda (Neolithikum),  diantaranya adalah... 
A. kapak corong dan dolmen
B. Kapak lonjong dan kapak persegi
C. Morko dan sarfagus
D. Nekara dan kapak corong 


8.  Karakteristik suatu negara sanggup dilihat dari unsur geografis, sumber daya alam dan penduduk negara yang bersangkutan. Berikut ini yang termasuk ke dalam unsur geografis suatu wilayah adalah....
A. Bentang alam 
B. Flora dan fauna 
C. Jenis tanah 
D. Penduduk


9. Perhatikan pernyataan berikut ini!
      1.  Bergantung pada alam ( food gathering)
2.   Hasil kebudayaan berupa menhir, dolmen, dan sarkofagus
3.   Tinggal di gua-gua (arbris saus roches)
4.   Berpindah-pindah (nomaden)
5.   Hidupnya sudah bercocok tanam (food producing)                 

Dari pernyataan di atas, yang termasuk ciri zaman megalithikum ditunjukan oleh nomor .....
A. 1 dan 2
B. 3 dan 4
C. 2 dan 5
D. 1 dan 5


10. Perang Dunia II tidak hanya terjadi di wilayah Eropa melainkan terjadi pula di wilayah Asia Pasifik. Perang Dunia II di wilayah Asia Pasifik diawali dengan kejadian ... .
A. Pendudukan Jepang di Indonesia
B. Penyerbuan Jepang terhadap semenanjung Korea
C. Penyerbuan Jepang terhadap wilayah Asia Tenggara dan Cina
D. Penyerangan Jepang atas Pearl Harbour, pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat


Berikut ini lanjutan Latihan Soal USBN IPS Sekolah Menengah Pertama Tahun 2018/2019 (Kurikulum 2006 / KTSP). Cara menjawab: Klik pada bulatan di depan pilihan balasan yang berdasarkan anda benar..!!

11. Proses sosial yang terjadi di masyarakat akan terbentuk apabila ada proses ….
A. Sumber sosial
B. Interaksi sosial
C. Konflik sosial
D. Media sosial 

12.Perhatikan pernyataan di bawah ini !
1)      Nasionalisasi De Javasche Bank oleh Pemerintah
2)      Pembentukan Propinsi Irian Barat di Soa Siu Maluku
3)      Pemogokan buruh secara total pada perusahaan-perusahaan milik Belanda
4)      Menyampaikan problem Irian Barat di depan Majelis Umum PBB melalui pidato yang berjudul “To Build World a New”

Upaya Konfrontasi ekonomi yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia dalam merebut Irian Barat dari tangan Belanda ditunjukan oleh nomor .....
A.  1 dan 2
B.  1 dan 3
C.  2 dan 4
D.  3 dan 4

13. Contoh negative dari interaksi antar sahabat disekolah ….
A. Iwan ikutan absen sekolah alasannya diajak sahabat barunya  
B. Budi melaksanakan kerja kelompok untuk mengerjakan kiprah pelajaran IPS
C. Wati sanggup sahabat baru, sehingga jikalau pulang ada temanya
D. Budi dan Iwan bahu-membahu mengerjakan tugas


14. Perhatikan data pada tabel berikut :
I
II
III
IV
Canada
Mesir
Rusia
Jepang
Mexico
Libya
Albania
Korea
Brazil
Tunisia
Belgia
Taiwan
Chili
Zambia
Turki
Cina
Negara-negara yang berada di benua Afrika  ditunjukan pada kolom nomor ….
A. I
B. II
C. III
D. IV


15. Negara di dunia sanggup dikelompokkan menjadi negara maju dan negara berkembang. Berikut ini yang bukan indikator dari pengelompokan tersebut adalah....
A. Angka harap hidup
B. Sumber daya alam
C. Pendapatan perkapita
D. Tingkat pengangguran

16. Proses integrasi individu dengan masyarakat dalam menyesuaikan perilaku dan kebiasaan dikenal dengan….
A. enkulturasi
B. sosialisasi
C. moderenisasi
D. integrasi

17.Perhatikan gambar berikut ini


Faktor yang memengaruhi perubahan dari cara tradisional ke cara modern menyerupai terlihat pada gambar di atas yaitu ....
A. penemuan baru
B. perubahan penduduk
C. pengaruh budaya lain 
D. perubahan lingkungan 

18. Memilih berbelanja di toko yang harga barangnya paling murah termasuk tindakan berdasarkan .....
A. Prinsip mencari laba
B. Motif Kewibawaan  
C. Motif Ekonomi
D. Prinsip Ekonomi

19. Siswa siswi SMPN 01 Bandung mengumpulkan dana untuk menyantuni dan memberi bantuan untuk fakir miskin. Tindakan ekonomi yang dilakukan oleh Siswa SMPN 01 Bandung didorong oleh keinginan untuk
A. memperoleh keuntungan
B. menolong sesama manusia
C. memenuhi kebutuhan s masyarakat
D. memperoleh penghargaan masyarakat


Berikut ini lanjutan Latihan Soal USBN IPS Sekolah Menengah Pertama Tahun 2018/2019 (Kurikulum 2006 / KTSP). Cara menjawab: Klik pada bulatan di depan pilihan balasan yang berdasarkan anda benar..!!


20. Angin muson Barat yang bertiup dari Benua Asia menuju Benua Australia melewati wilayah Indonesia pada bulan….
A. April - Oktober  
B. Maret - September 
C.  September - Maret
D. Oktober - April

21. Teori yang menyatakan bahwa pengaruh Hindu-Budha  dibawa oleh para pedagang India yang singgah ke wilayah Indonesia yaitu inti dari teori ....
A. Sutasoma
B. Brahmana 
C. Ksatria 
D. Waisya

22. Perhatikan peta persebaran tumbuhan dan fauna Indonesia di bawah ini!



Huruf   B  pada peta wilayah persebaran tumbuhan dan fauna di atas disebut garis ….
A. Wallacea
B. Webber 
C. Asiatis
D. Australis

23.Dampak alih fungsi lahan pertanian menjadi pemukiman, yaitu produktivitas pangan akan menjadi ... 
A. naik
B. turun
C. signifikan
D. menguntungkan

24.  Kota A mempunyai luas wilayah 1.000 km2. Kota tersebut mempunyai jumlah penduduk 1.250.000 jiwa. Berapakah kepadatan penduduk umum (Aritmatik) kota A ....
A. 250 jiwa/km2 
B. 500 jiwa/km2  
C. 1.000 jiwa/km2
D.1.250 jiwa/km2

25. Perhatikan Peta berikut ini




Masalah dan upaya penanggulangan yang dilakukan sesuai peta di atas  yaitu ....
A. persebaran penduduk tidak merata, pemusatan pembangunan
B.  pesatnya pertumbuhan penduduk, melaksanakan program KB
C. kepadatan penduduk tidak merata, menggalakkan kegiatan transmigrasi
D. tingginya angka urbanisasi, membuka lapangan kerja di desa             

26. Perhatikan pernyataan berikut !
1. Munculnya perkampungan kumuh
2. Meningkatnya permasalahan sosial
3. Tingkat  kriminalitas menurun
4. Angka pengangguran meningkat
Berdasarkan pernyataan di atas, dampak negatif urbanisasi bagi wilayah kota, ditunjukkan oleh nomor ....
A. 1,2, dan 3     
B. 1,2, dan 4    
C. 2,3, dan 4      
D. 1,3, dan 4 

27.  Pranata sosial di masyarakat mempunyai ciri-ciri atau karakteristik yang berbeda-beda. Berikut ini yang bukan merupakan ciri-ciri pranata sosial adalah…
A. Merupakan suatu cara bertindak
B. Memberi suatu tingkat kekekalan  tertentu
C. Memberi suatu ikatan terhadap anggota
D. Mempunyai tradisi tertulis maupun tidak tertulis

28. Sebab khusus terjadinya Perang Diponegoro pada tahun 1825 – 1830 yaitu ….
A. Perebutan  wilayah antara Belanda dengan P. Diponegoro
B. Belanda akan membangun jalan yang melintasi makam leluhur P. Diponegoro 
C. Perdagangan di Jawa selalu diganggu pihak Belanda 
D. Dibunuhnya ayahanda P. Diponegoro oleh Belanda


29. Strategi Operasi Mandala yang dilakukan untuk menegakkan kekuasaan RI secara mutlak dikenal dengan istilah  …. 
A. Infiltrasi
B. Eksploitasi
C. Konsolidasi  
D. Rehabilitasi

Berikut ini lanjutan Latihan Soal USBN IPS Sekolah Menengah Pertama Tahun 2019 (Kurikulum 2006 / KTSP). Cara menjawab: Klik pada bulatan di depan pilihan balasan yang berdasarkan anda benar..!!

30. Faktor ekstern yang memberi dorongan terhadap lahirnya pergerakan nasional di Indonesia adalah
A. Kemenangan Sekutu atas Jepang 
B. munculnya golongan terpelajar  
C. Kemenangan Jepang atas Rusia 
D. Penderitaan rakyat akhir penjajahan 

31. Perhatikan ciri masyarakat berikut :
1)      Terbuka terhadap kritik dan saran
2)      Pola pikirannya bersifat religius
3)      Kontrol sosial bersifat formal
4)      Mobilitas sosialnya bersifat dinamis
5)      Hubungan dan ikatan sosialnya sangat kuat
Dari ciri-ciri di atas yang termasuk ciri-ciri masyarakat modern adalah.....
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 3, dan 4
C. 1, 2, dan 4
D. 1, 2, dan 5

32. Yang bukan termasuk pola perilaku simpati kita terhadap para pelaku penyimpangan sosial adalah…
A. memberi motivasi semoga mereka mau tergerak untuk membuatkan kemampuannya ke arah positif
B. memenuhi semua keinginan pelaku penyimpangan sosial, semoga pelaku merasa diperhatikan 
C. tetap memperlihatkan kepercayaan kepada mereka yang telah dicap sebagai pelaku penyimpangan 
D. memberikan instruksi berupa contoh-contoh dan dampak negatif dari perbuatan menyimpang 

33. Globalisasi membawa efek di banyak sekali bidang kehidupan umat manusia. Pengaruh positif perdagangan bebas  dalam masa globalisasi dibidang ekonomi yaitu ….
A. Dapat merugikan bangsa Indonesia
B. Dapat menumbuhkan semangat kewirausahaan
C. Dapat mendorong berkembangnya gaya hidup konsumtif
D. Dapat menghambat pertumbuhan ekonomi nasional
  

34. Undang – undang yang mengatur koperasi yaitu ….
A. UU No. 20 Th  1967
B. UU No. 25 Th  1967
C. UU No. 25 Th  1992
D. UU No. 20 Th  1992

35. Perhatikan pernyataan berikut ini.
1)      Perubahan dalam konsep ruang dan waktu.
2)      Pasar dan produksi ekonomi di negara-negara yang berbeda menjadi saling bergantung
3)      Sebagai akhir dari pertumbuhan perdagangan internasional
4)      Peningkatan interaksi kultural melalui perkembangan media massa.
5)      Peningkatan problem bersama, contohnya pada bidang lingkungan hidup, krisis multinasional, inflasi regional dan lain-lain.
Yang termasuk ciri dari globalisasi dari pernyataan di atas yaitu …
A. 1,2, dan 3 
B. 1,2, dan 4
C. 1,3, dan 4
D. 2,3, dan 4

36. Perhatikan pernyataan di bawah ini !
No.
Pernyataan
1.
Angka beban ketergantungan tinggi
2.
Mata pencaharian utama penduduk di sektor industri dan jasa
3.
Angka keinginan hidup penduduknya tinggi
4.
Pertanian menjadi tiang perekonomian yang utama
5.
Tingkat pendidikan penduduknya tinggi
6.
Angka pertumbuhan penduduknya tinggi.

Ciri-ciri dari negara berkembang ditunjukkan oleh…..
A. 1, 4 dan 6
B. 1, 3 dan 5 
C. 1, 2 dan 3 
D. 2, 3 dan 5

37. Tugas pokok perbankan :
1)      Memberikan kredit kepada Bank Umum
2)      Menetapkan ketentuan umum wacana tingkat likuiditas
3)      Mengatur, menjaga, dan memelihara kestabilan nilai rupiah
4)      Melakukan evaluasi terhadap kemampuan dan kesanggupan debitur
5)      Memberikan pelayanan jasa perbankan
Berdasarkan data diatas yang merupakan kiprah dari Bank Indonesia adalah…..
A. 1, 2 dan 3          
B. 1, 3 dan 4
C. 2, 4 dan 6
D. 3, 5 dan 6


38. Perhatikan peta di bawah ini!




    Negara Jepang ditunjukkan oleh angka …..
A. 1
B. 2
C.  3
D. 4


39. Perhatikan pernyataan berikut!
(1)  Perundingan Linggarjati
(2)  Palagan Ambarawa
(3)  Konferensi Inter-Indonesia
(4)  Pertempuran Surabaya
(5)  Perundingan Renville 
Bentuk usaha diplomasi yang dilakukan Indonesia dalam upaya mempertahankan kemerdekaan yaitu ....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (3), dan (5)
C. (2), (3), dan (4)
D. (3), (4), dan (5)


Berikut ini lanjutan Latihan Soal USBN IPS Sekolah Menengah Pertama Tahun 2018/2019 (Kurikulum 2006 / KTSP). Cara menjawab: Klik pada bulatan di depan pilihan balasan yang berdasarkan anda benar..!!


40.  Perang Asia Timur Raya ditandai dengan ……
A. Direbutnya Kepulauan Solomon dari tangan Inggris oleh tentara Jepang
B. Penyerbuan tentara Jepang ke Pearl Harbour di Hawaii Amerika Serikat
C. Pengeboman kota Hiroshima dan Nagasaki oleh tentara sekutu 
D. Pendudukan tentara Jepang di wilayah Nusantara

41.  Untuk meningkatkan kemakmuran bangsa-bangsa di Asia Tenggara dibuat daerah perdagangan bebas  yang disebut ....
A. Association of South East Asian Nations
B. ASEAN Free Trade Area
C. Asia Pasific Economic Community 
D. Organization of Petroleum Exporting Country


42.  Belanda mengakui secara de Fackto wilayah RI yang mencakup Sumatera, Jawa dan Madura yaitu hasil dari Perundingan ……
A. KMB
B. Renville
C. Linggarjati  
D. Roem-Royen     

43. Faktor utama yang menyebabkan dikeluarkannya Dektrit Presiden 5 Juli 1959 adalah ....
A. adanya konfrontasi antara Indonesia dengan Malaysia 
B. pengaruh PKI yang semakin besar lengan berkuasa dalam pemerintahan
C. gagalnya konstituante dalam menyusun Undang-Undang Dasar baru
D. krisis ekonomi yang melanda seluruh rakyat Indonesia


44. Perhatikan data berikut :
     1.PNI 
     2.Masyumi 
     3.Parkindo 
     4.PKI 
     5.NU
 Urutan 3 besar Partai politik hasil Pemilu 1955 berdasarkan jumlah bunyi yaitu ….
A. 1, 2 dan 4
B. 1, 2 dan 5
C. 2, 3 dan 4  
D. 3, 4 dan 5

45. Perhatikan daftar Negara berikut ini
(1) Indonesia                               
(2) Laos
(3) Australia   
(4) Amerika Serikat
(5) Vietnam
Negara-negara yang masuk keanggotaan MEA (Masyarakat Ekonomi Asia Tenggara) ditunjukkan dengan nomor ….
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (5)
C. (2), (4), dan (5)
D. (3), (4), dan (5)

46. Nilai atau harga bergotong-royong dari materi untuk menciptakan uang disebut.....
A. Nilai intrinsik
B. Nilai nominal
C. Nilai eksternal  
D. Nilai internal


47. Yang tidak termasuk fungsi dari Bank Umum adalah
A. menerbitkan surat legalisasi hutang
B. menghimpun dana dari masyarakat 
C. memberikan kredit
D. mencetak uang sebagai alat pembayaran yang sah


48. Salah satu negara yang mulai bergabung menjadi anggota ASEAN semenjak tahun 1984 adalah
A. Vietnam
B. Myanmar
C. Kamboja  
D. Brunei Darussalam


49. Salah satu faktor yang menyebabkan timbulnya perdagangan internasional yaitu …..
A. tiap negara mempunyai jumlah penduduk yang berbeda-beda
B. tiap negara memilki luas wilayah dan batas yang berbeda-beda
C. tiap negara memilki perbedaan hasil sumber daya alam   
D. tiap negara mempunyai sistem pemerintahan yang berbeda 


50. Perhatikan daftar negara berikut ini!
(1)  Australia   
(2)  Laos
(3)  Indonesia
(4)  Korea Utara
(5)  Amerika Serikat

Negara-negara yang masuk keanggotaan APEC (Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik) ditunjukkan dengan nomor ….
A. (1), (2), dan (3) 
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (5)
D. (3), (4), dan (5) 


PENASARAN MAU COBA LAGI (BACA DISINI)


MAU MENCOBA MATA PELAJARAN LAINNYA
          UNTUK LATIHAN ONLINE SOAL UN (UNBK) IPA Sekolah Menengah Pertama TAHUN 2019 (BACA DISINI)
          UNTUK LATIHAN ONLINE SOAL UN (UNBK) MATEMATIKA Sekolah Menengah Pertama TAHUN 2019 (BACA DISINI)
          UNTUK LATIHAN ONLINE SOAL UN (UNBK) BAHASA INDONESIA Sekolah Menengah Pertama TAHUN 2019 (BACA DISINI)
         UNTUK LATIHAN ONLINE SOAL UN (UNBK) BAHASA INGGRIS Sekolah Menengah Pertama TAHUN 2019 (BACA DISINI)


          UNTUK LATIHAN ONLINE SOAL USBN PAI Sekolah Menengah Pertama TAHUN 2019 (BACA DISINI)
          UNTUK LATIHAN ONLINE SOAL USBN IPS KURIKULUM 2006 (KTSP) Sekolah Menengah Pertama TAHUN 2019 (BACA DISINI)
          UNTUK LATIHAN ONLINE SOAL USBN PPKN (PKn) KURIKULUM 2006 (KTSP) Sekolah Menengah Pertama TAHUN 2019 (BACA DISINI)
         UNTUK LATIHAN ONLINE SOAL USBN IPS KURIKULUM 2013 Sekolah Menengah Pertama TAHUN 2019 (BACA DISINI)
         UNTUK LATIHAN ONLINE SOAL USBN PPKN (PKn) KURIKULUM 2013 Sekolah Menengah Pertama TAHUN 2019 (BACA DISINI)

Demikian pola sederhana latihan online Soal USBN IPS Sekolah Menengah Pertama Tahun 2018/2019 (kurikulum 2006 / KTSP). Terima Kasih Semoga bermanfaat. 
==============================




= Baca Juga =



0 Response to "Soal Latihan Usbn Ips Smp Tahun 2018/2019 Kurikulum 2006 (Ktsp)"

Total Pageviews