Realistic Mathematics Education (RME) |
Realistic Mathematics Education (RME) merupakan teori berguru mengajar dalam pendidikan matematika. Teori RME pertama kali diperkenalkan dan dikembangkan di Belanda pada tahun 1970 oleh Institut Freudenthal. Teori ini mengacu pada pendapat Freudenthal yang menyampaikan bahwa matematika harus dikaitkan dengan realita dan matematika merupakan kegiatan manusia. Ini berarti matematika harus akrab dengan anak dan relevan dengan kehidupan faktual sehari-hari. Matematika sebagai kegiatan insan berarti insan harus diberikan kesempatan untuk menemukan kembali ide dan konsep matematika dengan bimbingan orang sampaumur (Gravemeijer, 1994). Upaya ini dilakukan melalui penjelajahan banyak sekali situasi dan persoalan-persoalan “realistik”. Realistik dalam hal ini dimaksudkan tidak mengacu pada realitas tetapi pada sesuatu yang sanggup dibayangkan oleh siswa (Slettenhaar, 2000). Prinsip inovasi kembali sanggup diinspirasi oleh prosedur-prosedur pemecahan informal, sedangkan proses inovasi kembali menggunakan konsep matematisasi.
=========================================
=========================================
Dua jenis matematisasi diformulasikan oleh Treffers (1991), yaitu matematisasi horisontal dan vertikal. Contoh matematisasi horisontal yaitu pengidentifikasian, perumusan, dan penvisualisasi masalah dalam trik-trik yang berbeda, dan pentransformasian masalah dunia real ke masalah matematik. Contoh matematisasi vertikal yaitu representasi hubungan-hubungan dalam rumus, perbaikan dan adaptasi model matematik, penggunaan model-model yang berbeda, dan penggeneralisasian. Kedua jenis matematisasi ini menerima perhatian seimbang, alasannya yaitu kedua matematisasi ini memiliki nilai sama (Van den Heuvel-Panhuizen, 2000).
Berdasarkan matematisasi horisontal dan vertikal, pendekatan dalam pendidikan matematika sanggup dibedakan menjadi empat jenis yaitu mekanistik, emperistik, strukturalistik, dan realistik. Pendekatan mekanistik merupakan pendekatan tradisional dan didasarkan pada apa yang diketahui dari pengalaman sendiri (diawali dari yang sederhana ke yang lebih kompleks). Dalam pendekatan ini insan dianggap sebagai mesin. Kedua jenis matematisasi tidak digunakan. Pendekatan emperistik yaitu suatu pendekatan dimana konsep-konsep matematika tidak diajarkan, dan diharapkan siswa sanggup menemukan melalui matematisasi horisontal. Pendekatan strukturalistik merupakan pendekatan yang menggunakan sistem formal, contohnya pengajaran penjumlahan trik panjang perlu didahului dengan nilai tempat, sehingga suatu konsep dicapai melalui matematisasi vertikal. Pendekatan realistik yaitu suatu pendekatan yang menggunakan masalah realistik sebagai pangkal tolak pembelajaran. Melalui kegiatan matematisasi horisontal dan vertikal diharapkan siswa sanggup menemukan dan mengkonstruksi konsep-konsep matematika.
Karakteristik RME
Karakteristik Realistic Mathematics Education (RME) adalah menggunakan: konteks “dunia nyata”, model-model, produksi dan konstruksi siswa, interaktif, dan keterkaitan (intertwinment) (Treffers,1991; Van den Heuvel-Panhuizen,1998).
1. Menggunakan Konteks “Dunia Nyata”
Gambar berikut menyampaikan dua proses matematisasi yang berupa siklus di mana “dunia nyata” tidak hanya sebagai sumber matematisasi, tetapi juga sebagai daerah untuk mengaplikasikan kembali matematika.
Dalam Realistic Mathematics Education (RME), pembelajaran diawali dengan masalah kontekstual (“dunia nyata”), sehingga memungkinkan mereka menggunakan pengalaman sebelumnya setrik langsung. Proses penyarian (inti) dari konsep yang sesuai dari situasi faktual dinyatakan oleh De Lange (1987) sebagai matematisasi konseptual. Melalui abstraksi dan formalisasi siswa akan menyebarkan konsep yang lebih komplit. Kemudian, siswa sanggup mengaplikasikan konsep-konsep matematika ke bidang gres dari dunia faktual (applied mathematization). Oleh alasannya yaitu itu, untuk menjembatani konsep-konsep matematika dengan pengalaman anak sehari-hari perlu diperhatikan matematisi pengalaman sehari-hari (mathematization of everyday experience) dan penerapan matematikan dalam sehari-hari (Cinzia Bonotto, 2000)
2. Menggunakan Model-model (Matematisasi)
Istilah model berkaitan dengan model situasi dan model matematik yang dikembangkan oleh siswa sendiri (self developed models). Peran self developed models merupakan jembatan bagi siswa dari situasi real ke situasi ajaib atau dari matematika informal ke matematika formal. Artinya siswa membuat model sendiri dalam menuntaskan masalah. Pertama yaitu model situasi yang akrab dengan dunia faktual siswa. Generalisasi dan formalisasi model tersebut akan berubah menjadi model-of masalah tersebut. Melalui kecerdikan budi matematik model-of akan bergeser menjadi model-for masalah yang sejenis. Pada akhirnya, akan menjadi model matematika formal.
3. Menggunakan Produksi dan Konstruksi
Streefland (1991) menekankan bahwa dengan pembuatan “produksi bebas” siswa terdorong untuk melaksanakan refleksi pada bab yang mereka anggap penting dalam proses belajar. Strategi-strategi informal siswa yang berupa mekanisme pemecahan masalah kontekstual merupakan sumber ide dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut yaitu untuk mengkonstruksi pengetahuan matematika formal.
4. Menggunakan Interaktif
Interaksi antarsiswa dengan guru merupakan hal yang fundamental dalam RME. Setrik eksplisit bentuk-bentuk interaksi yang berupa negosiasi, penjelasan, pembenaran, setuju, tidak setuju, pertanyaan atau refleksi dipakai untuk mencapai bentuk formal dari bentuk-bentuk informal siswa.
5. Menggunakan Keterkaitan (Intertwinment)
Dalam Realistic Mathematics Education (RME) pengintegrasian unit-unit matematika yaitu esensial. Jika dalam pembelajaran kita mengabaikan keterkaitan dengan bidang yang lain, maka akan besar lengan berkuasa pada pemecahan masalah. Dalam mengaplikasikan matematika, biasanya diharapkan pengetahuan yang lebih kompleks, dan tidak hanya aritmetika, aljabar, atau geometri tetapi juga bidang lain.
0 Response to "Realistic Mathematics Education (Rme)"